Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Tanggul
DOI:
https://doi.org/10.47134/phms.v1i3.50Keywords:
Kepuasan, Pelayanan Kesehatan, Pasien Rawat JalanAbstract
Kepuasan merupakan salah satu indikator yang dapat membuktikan keberhasilan suatu pelayanan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Puskesmas dengan mutu pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan kepada pengguna layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Tanggul. Desain penelitian korelasional. Populasinya adalah pasien dewasa >19 tahun dalam 1 bulan terakhir tahun 2022 di Unit Rawat Jalan Puskesmas Tanggul sebanyak 612 pasien. Penentuan sampel dengan rumus Slovin dan ditentukan sejumlah 242 dan re-sponden yang mengisi kuisioner dengan benar didapatkan sebanyak 149. Sampling menggunakan purposive sampling. Variabel independen adalah jenis kelamin, pendidikan dan jarak. Variabel dependen adalah kepuasan. Pengumpulan data menggunakan lembar kuisioner skala likert dengan metode Servqual (Service Quality) yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitas. Analisis menggunakan spearmen rho dengan ketentuan α<0,05. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara tingkat pendidikan (p=<0,000; r=-0,367) arah hubungan negatif dengan kekuatan hubungan lemah, jenis kelamin (p=<0,005; r=0,229) arah hubungan positif dengan kekuatan hubungan lemah, jarak (p=<0,041; r=0,168) arah hubungan positif dengan kekuatan hubungan sangat lemah dengan kepuasan. Pelayanan kesehatan berdampak terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Oleh karena itu perlu kebijakan untuk meningkatkan pelayanan di layanan kesehatan.
References
Abdulwahab, S. A. (2021). Factors Affecting Patient Perceptions and Satisfaction with Telemedicine in Outpatient Clinics. Journal of Patient Experience, 8. https://doi.org/10.1177/23743735211063780
Adamska-Tomaszewska, D. (2021). Factors affecting vitamin D status in outpatients with abdominal aortic aneurysm and peripheral artery disease- a single centre study. Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Diseases, 31(11), 3161–3166. https://doi.org/10.1016/j.numecd.2021.07.013
Afrioza, S., & Baidillah, I. (2021). Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sepatan. Journal of Nursing Practice and Education, 1(2), 169–180. https://doi.org/10.34305/jnpe.v1i2.305
Benoni, R. (2022). Epidemiological factors affecting outpatient department service utilization and hospitalization in patients with diabetes: A time-series analysis from an Ethiopian hospital between 2018 and 2021. Journal of Global Health, 12. https://doi.org/10.7189/jogh.12.04087
Ecker, A. H. (2021). Factors Affecting Adoption of Coordinated Anxiety Learning and Management (CALM) in Veterans’ Affairs Community-Based Outpatient Clinics. Journal of Rural Health, 37(2), 447–455. https://doi.org/10.1111/jrh.12528
Evisusanti. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien di Puskesmas Tiban Baru Tahun 2020. 21(1), 1–9.
Gil, M. R. (2019). Factors Affecting the Choice of National and Public Hospitals Among Outpatient Service Users in South Korea. Inquiry (United States), 56, 1–11. https://doi.org/10.1177/0046958019833256
Goldhar, H. A. (2022). Factors affecting patient satisfaction with outpatient rheumatology phone visits during the COVID-19 pandemic. Clinical Rheumatology. https://doi.org/10.1007/s10067-022-06182-3
Gusmawan, F., Haryadi, H., & Sutrisna, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Karakteristik Sosiodemografi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Yang Dimoderasi Oleh Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(4). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i4.1544
Hakim, F. A., & Suryawati, C. (2019). Hubungan Karakteristik Pasien Peserta BPJS dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta BPJS terhadap Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Umum “X” Manajemen Kesehatan Manajemen Kesehatan Indon. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 7(3), 157–162.
Hemmati, F. (2018). The factors affecting the waiting time of outpatients in the emergency unit of selected teaching hospitals of tehran. Electronic Journal of General Medicine, 15(4). https://doi.org/10.29333/ejgm/93135
Jember, D. (2021). Profil Kesehatan Kabupaten Jember Tahun 2020. https://ppid.jemberkab.go.id/storage/dip-dikecualikan/7WhJreTqH3UScJ9DCAqjh8TfsTLgtyfhPKy4Le5U.pdf
Jun-li, S. (2023). Factors Affecting the Quality of Bowel Preparation Before Colonoscopy in Outpatient: A Prospective Observational Study. Clinical Nursing Research, 32(1), 149–158. https://doi.org/10.1177/10547738211067326
Kim, K. (2018). Factors affecting pain during outpatient clinic based surgical procedures in gynecologic oncology. Medicine (United States), 97(31). https://doi.org/10.1097/MD.0000000000011721
Listiono, H., & Irdan, I. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas. Jurnal Kesehatan Terapan, 8, 9–19.
Munawir, I. (2018). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 17(3), 15–22. https://doi.org/10.33221/jikes.v17i3.155
Neugebauer, F. (2022a). Leadless atrioventricular synchronous pacing in an outpatient setting: Early lessons learned on factors affecting atrioventricular synchrony. Heart Rhythm, 19(5), 748–756. https://doi.org/10.1016/j.hrthm.2021.12.025
Neugebauer, F. (2022b). Leadless atrioventricular synchronous pacing in an outpatient setting: Early lessons learned on factors affecting atrioventricular synchrony. Heart Rhythm, 19(5), 748–756. https://doi.org/10.1016/j.hrthm.2021.12.025
Nuraini, A., Nurmawati, I., Wijayanti, R. A., & Rachmawati, E. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Dringu Kabupaten Probolinggo. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 2(4), 471–480. https://doi.org/10.25047/j-remi.v2i4.2310
Pretirose, G., Setiaji, B., & Sadik, M. D. (2021a). Faktor-faktor Kepuasan Kasien Rawat Inap Di RSU Gladish Medical Center Pesawaran. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(2), 202–217. https://doi.org/10.33860/jik.v15i2.495
Pretirose, G., Setiaji, B., & Sadik, M. D. (2021b). Faktor-faktor Kepuasan Kasien Rawat Inap Di RSU Gladish Medical Center Pesawaran. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(2), 202–217. https://doi.org/10.33860/jik.v15i2.495
Rizal, A., & Jalpi, A. (2018). Analisis Faktor Internal Penentu Kepuasan Pasien Puskesmas Kota Banjarmasin. Al Ulum Sains Dan Teknologi, 4(1), 1–6.
Romliyadi, & Isrizal. (2022). Analisis Faktor-Faktor Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Perawatan di Rumah Sakit Tahun 2022. 5(2), 644–652.
Rusnoto, A., Utomo, T. P., & Kudus, U. M. (2019). Hubungan Komunikasi Dan Pelayanan Keperawatan. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(2), 343–349.
Salam, S., & Wahyono, T. Y. M. (2020). Pengaruh Jarak ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kejadian Default pada Penderita TB Paru di RSUD Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 3(3), 197–203. https://doi.org/10.56338/mppki.v3i3.1121
Sihaloho & Irma. (2017). Hubungan Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Mitra Keluarga. Jurnal Perspektif, 4(4), 519.