Kinerja Perusahaan Dongkrak Nilai Perusahaan di Tengah Inflasi Global
Keywords:
inflasi, kinerja perusahaan., nilai perusahaan, analisis regresi, indikator kinerja utamaAbstract
Di tengah meningkatnya kekhawatiran inflasi global, perusahaan-perusahaan terdorong untuk meningkatkan nilai mereka dengan meningkatkan kinerja mereka untuk memastikan kelangsungan hidup mereka. Penelitian ini mempelajari hubungan antara kinerja perusahaan dan nilai perusahaan, yang bertujuan untuk mengatasi kesenjangan pengetahuan yang ada. Dengan menggunakan analisis regresi sederhana yang dibantu oleh SPSS Versi 26, penelitian ini meneliti 12 indikator kinerja utama (KPI) untuk mengukur kinerja perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara kinerja perusahaan dan nilai perusahaan. Khususnya, perusahaan Bank BRI Unit Wonoayu mendapatkan nilai 84% dari 100% untuk kinerja perusahaan, menggarisbawahi keampuhan dari metrik kinerja yang mendukung. Studi ini menawarkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti bagi perusahaan yang berusaha untuk menavigasi kompleksitas lanskap inflasi, menekankan pentingnya memperkuat kinerja perusahaan sebagai sarana untuk meningkatkan nilai perusahaan.
References
A. R. D. Prasetyo, "Pengaruh Struktur Modal, Kepemilikan Manajerial, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi," 2020.
A. R. Trianjaya, "Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (BSC) dan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP)," vol. 3, no. 2, 2017.
A. Sahira and S. Biduri, "Faktor – Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Pencegahan Kecurangan Dalam Pengelolaan Dana Desa," pp. 1–14.
A. Supriadi, A. Rustandi, D. H. L. Komarlina, and G. T. Ardiani, "Analytical Hierarchy Process (AHP)," 2018.
D. H. Wiratno and R. H. Yustrianthe, "Price earning ratio, ukuran dan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Indonesia," Fair Value J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 4, no. 12, pp. 5587–5595, 2022.
D. Mariani, P. Utara, and K. Lama, "Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Sosial dan Kinerja Lingkungan sebagai Variabel Moderator," vol. 7, no. 1, pp. 59–78, 2018.
D. Parmenter, "Key Performance Indicators," vol. I, no. 02, 2007.
D. S. Yulientinah and D. Oktariani, "Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan Alat Ukur Key Performance Indicators Pada Kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Cimahi," L. J., vol. 3, no. 2, pp. 35–46, 2022.
F. Pujarini, "Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan," J. Account. Manag. Innov., vol. 4, no. 1, pp. 1–15, 2020.
I. K. D. A. Putra and N. G. P. Wirawati, "I Komang Dedy Adnyana Putra Pengaruh Kepemilikan Manajerial Terhadap Hubungan Antara Kinerja Dengan Nilai Perusahaan dengan Kinerja perusahaan sebagai Variabel Intervening," E-Jurnal Akunt., vol. 5, no. 3, pp. 639–651, 2018.
K. Josephine, E. Trisnawati, and H. T. Setijaningsih, "Pengaruh Modal Intelektual Dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kinerja Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Lq45 Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017)," J. Muara Ilmu Ekon. dan Bisnis, vol. 3, no. 1, p. 59, 2019.
L. Maritseda and J. Tarigan, "Variabel Intervening Pada Berbagai Sektor Perusahaan Di Indonesia," Pengaruh Kepuasan Pelangg. Terhadap Kinerja Keuang. Melalui Loyal. Pelangg. Sebagai Var. Interv. Pada Berbagai Sekt. Perusah. Di Indones., p. 15, 2020.
L. Retno Sari, "Pengaruh Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Property dan eal Estate," vol. 21, no. 1, pp. 1–54, 2020.
M. Galib and M. Hidayat, "Analysis of Company Performance Using the Balanced Scorecard Approach in Bosowa Propertindo.," Seiko J. Manag. Bus., vol. 2, no. 1, pp. 92–112, 2018.
M. Ndruru, P. B. Silaban, J. Sihaloho, K. M. Manurung, and T. T. U. Sipahutar, "Pengaruh likuiditas, Leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur tahun 2015-2017," J. Ilm. MEA (Manajemen, Ekon. dan Akunt., vol. 4, no. 3, pp. 2621–5306, 2020.
M. S. Marhawati et al., "Statistika Terapan," pp. 1–237, 2022.
N. Ll. W. S. Telagawathi and N. N. Yulianthini, "Kepuasan Pelanggan Terhadap Citra Perusahaan Dan Switching Barrier Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Industri Jasa Asuransi Di Bali," Bisma J. Manaj., vol. 6, no. 1, p. 59, 2020.
N. Nasution, F. Faruqi, and S. Rahayu, "Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia Tahun 2015-2018," J. STEI Ekon., vol. 28, no. 01, pp. 153–171, 2019.
R. Pratiwi, "Analisis Pengaruh Kepercayaan Pelanggan, Lokasi, dan promosi terhadap Kepuasan pelanggan," pp. 27–39, 2021.
R. Raharjanti and N. Setyowati, "Pengaruh Struktur Kepemilikan Dan Struktur Modal Terhadap Harga Saham," J. Akunt. Dan Audit., vol. 14, no. 2, p. 89, 2018.
S. H. Sahir, "Metodologi Penelitian," 2022.
S. S. Mukrimaa et al., "Analisis Regresi," vol. 6, no. August, 2018.
S. Santoso and E. S. Dermawan, "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan.... Jurnal Multiparadigma Akuntansi, Volume III No. 2/2021 Edisi April Hal: 853-861 853," vol. III, no. 2, pp. 853–861, 2021.
Suparlan, "Analisis Pengaruh Kepemilikan Institusional Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Proporsi Dewan Komisaris Independen Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa," J. Akunt. dan Keuang. Syariah - ALIANSI, vol. 2, no. 1, pp. 57–74, 2019.
T. Nur laila, Y. Dian Putra, and S. Aisah, "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Herbalife di Healthy Glow Skin," J. Ilm. Ekon. Glob. Masa Kini, vol. 13, no. 2, pp. 97–101, 2022.
V. Agustianna, S. Juhara, and M. Rahayu, "Desain Key Performance Indicator Perusahaan Menggunakan Balanced Scorecard Di PT. XYZ," JIMTEK J. Ilm. Fak. Tek., vol. 1, no. 2, p. 162, 2020.
W. A. S. Rini, "Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institutional, Dewan Komisaris, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan," 2017.
W. Mandasari, "Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Peningkatan Produktifitas Pada Pt. Perkebunan Nusantara XIV (Pabrik Gula Camming)," Skripsi Progr. Stud. Manaj. Fak. Ekon. Dan Bisnis Univ. Muhammadiyah Makassar Makassar, 2022.
W. W. Arum, "Implementasi dan implikasi Key Performance Indicator (KPI) pada kinerja BRI Syariah KCP Mojokerto Majapahit," Repostiry UIN Surabaya, 2018.
Y. R. T. Hutagaol, R. P. P. Sinurat, and S. M. Shalahuddin, "Strategi Penguatan Keuangan Negara Dalam Menghadapi Ancaman Resesi Global 2023 Melalui Green Economy," J. Pajak dan Keuang. Negara, vol. 4, no. 1S, pp. 378–385, 2022.
Y. Zamrodah, "Pengaruh Key Performance Indicators Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Peralatan Rumah Tangga," vol. 2, no. 8, pp. 1–8, 2022.
Z. F. Doto, Ikatrinasari, "Perancangan Penilaian Kinerja Berdasarkan Kompetensi dan keyperformance indicator (KPI) pada PT. KMI__," J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. August, p. 128, 2018.