Meningkatkan Akses Informasi Publik: Evaluasi Efektivitas Petugas Informasi di Indonesia
Keywords:
Efektivitas, keterbukaan informasi publik, PPIDAbstract
Penelitian ini mengevaluasi efektivitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Badan Pengawas Pemilu Kota Surabaya dalam mempromosikan keterbukaan informasi publik, menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian ini pada tiga indikator efektivitas: pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. Hasil menunjukkan bahwa meskipun PPID secara efektif menyediakan informasi publik secara terbuka dan luas, mencapai tujuan utamanya, usaha integrasinya melalui sosialisasi dan koordinasi belum cukup terarah. Selain itu, meskipun sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan operasional PPID, terdapat keterlambatan dalam pengumpulan data karena beban kerja yang berat di berbagai divisi. Studi ini menyoroti perlunya strategi sosialisasi yang lebih fokus dan perbaikan proses internal untuk meningkatkan efektivitas layanan informasi publik yang ditawarkan oleh lembaga pemerintah.
References
A. A. Pramesti and Y. Mardhatillah, “Efektivitas Aplikasi Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi dalam Pelayanan Informasi Publik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi,” J. Teknol. dan Komun. Pemerintah., vol. 5, no. 1, pp. 62–86, 2023, doi: 10.33701/jtkp.v5i1.2851.
C. Berliani, R. Yulianti, O. Supriyadi, P. Studi, and A. Publik, “Implementation Of Public Information,” JianE (Jurnal Ilmu Adm. Negara), vol. 4, no. 1, pp. 128–142, 2016.
C. N. Sari, M. Heriyanto, and Z. Rusli, “Efektivitas Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga,” JIANA J. Ilmu Adm. Negara, vol. 15, pp. 135–141, 2018.
D. Kesehatan and P. S. Barat, “Laporan keterbukaan informasi publik,” no. 1, 2022.
D. Trijayanto and I. A. Idrus, “Peran PPID Pemerintah Kota Yogyakarta dalam Pengelolaan dan Penyelengaraan Keterbukaan Informasi Publik,” Ikraith-Humaniora2, vol. 3, no. 1, pp. 107–117, 2019.
F. Ekonomika, D. A. N. Bisnis, and U. Diponegoro, “PEMBANGUNAN DESA ( Studi Kasus Desa Balesari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung ) PEMBANGUNAN DESA ( Studi Kasus Desa Balesari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung ),” 2017.
I. Muallidin, D. S. Kencono, and C. Wanprala, “Kualitas Layanan KIP Berbasis Webportal Pada PPID Kabupaten Sleman Tahun 2019,” J. Stud. Kepemerintahan, vol. 3, no. 1, pp. 55–66, 2020.
I.Novita,"Peranan Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) Dalam Pelayanan Informasi Publik Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh.” Uin Ar-Raniry Banda Aceh,2019.
K. Baria, “Efektivitas Pelayanan Kartu Macca Di Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng,” Jur. Ilmu Adm. Negara Fak. Ilmu Sos. Dan Ilmu Polit. Unuversitas Muhammadiya Makassar 2019, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019, [Online]. Available: www.journal.uta45jakarta.ac.id.
L. L. A. Alou, D. M. Liando, and J. P. Lengkong, “Efektivitas Program Pengelolaan Informasi Dan Dokumentasi Di komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Utara,” J. Pengelolaan Sumberd. Pembang., vol.1,no.1,pp.81–93,2021,[Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/psp/article/view/36450.
M. Sari and R. Mulyadi, “Kinerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Bungo dalam Pemenuhan Ketersediaan Informasi Publik,” Transparansi J. Ilm. Ilmu Adm., vol. 3, no. 2, pp. 109–118, 2020, doi: 10.31334/transparansi.v3i2.1141.
N. M. Lestari, I. A. P. S. Widnyani, and N. D. U. Dewi, “Efektivitas Peran Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) Dalam Meningkatkan Keterbukaan Informasi Publik di KPU Kabupaten Karangasem,” J. Contemp. Public Adm., vol. 3, no. 2, pp. 76–82, 2023, doi: 10.22225/jcpa.3.2.2023.76-82.
P. D. Sugiono, “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf,” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. p. 12, 2014.
P. Kredit, M. Kerja, D. I. Pt, R. Indonesia, A. Tbk, and C. Pekanbaru, “Program Magister ( S2 ) Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Islam Riau,” 2019.
S. S. Deisy Angreini Lahutung and F. Pengemanan, “Efektivitas Program Pajak Online Terpadu (Ponter) Dalam Rangka Inovasi Pelayanan Publik,” Governance, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2021.