Mengubah Sistem Kesejahteraan Sosial: Wawasan dari Sistem Informasi Generasi Selanjutnya (SIKS-NG)
Keywords:
Efektivitas., SIKS-NG, Sistem informasi kesejahteraan sosialAbstract
Penelitian ini menilai efektivitas Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Generasi Berikutnya (SIKS-NG) dalam mengolah data kemiskinan di Desa Permisan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, menanggapi kebutuhan penting akan peningkatan layanan e-government untuk penyediaan layanan publik yang berkualitas. Menggunakan metodologi kualitatif deskriptif, penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara, bersama dengan data primer dan sekunder, dengan sampling purposif untuk pengumpulan data. Analisis mengikuti model Miles dan Huberman, berfokus pada reduksi data, presentasi, dan penarikan kesimpulan. Kerangka teoritis berdasarkan teori efektivitas Richard M. Steers, yang mencakup indikator pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. Temuan menunjukkan bahwa pencapaian tujuan dicapai secara bertahap, integrasi pemangku kepentingan awal telah dimulai oleh pemerintah lokal, dan fasilitas serta infrastruktur yang ada sejalan dengan kebutuhan, meskipun pengembangan aplikasi SIKS-NG masih berlangsung. Studi ini menyoroti potensi alat digital dalam meningkatkan efisiensi layanan pemerintah dan menyarankan strategi adaptasi lebih lanjut untuk aplikabilitas yang lebih luas.
References
Afdoli, A. A., & Malau, H. (2019). Efektivitas Pelayanan Pendaftaran Online Rawat Jalan Di Rsup M Djamil Kota Padang. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(1), 1–24.
Akay, R., Kaawoan, J. E., & Pangemanan, F. N. (2021). Efektivitas Program Pajak Online Terpadu (Ponter) Dalam Rangka Inovasi Pelayanan Publik. Efektivitas Program Pajak Online Terpadu (Ponter) Dalam Rangka Inovasi Pelayanan Publik, 1(1), 1–8.
Athin Pratiwi. (2018). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian ( Simpeg ) Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Bidang Sumber Daya Manusia ( Sdm ). Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara (JMAN), Vol. 02 No. 02, Oktober 2018 ISSN: 2222-3333 |, 02(02), 12.
Baria, K. (2019). Efektivitas Pelayanan Kartu Macca Di Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Unuversitas Muhammadiya Makassar 2019, 53(9), 1689–1699.
Doramia Lumbanraja, A. (2020). Urgensi Transformasi Pelayanan Publik melalui E-Government Pada New Normal dan Reformasi Regulasi Birokrasi. Administrative Law and Governance Journal, 3(2), 220–231. https://doi.org/10.14710/alj.v3i2.220-231
Ekonomika, F., Bisnis, D. A. N., & Diponegoro, U. (2017). Pembangunan Desa ( Studi Kasus Desa Balesari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung ) Pembangunan Desa (Studi Kasus Desa Balesari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung ).
Hammer, M., dan J. Champy. 1993. Reengineering the corporation: a manifesto for business revolution. HarperCollins. New York.
Handayani, A., & Nur, M. I. (2019). Implementasi Good Governance Di Indonesia 1 Fitria Andalus Handayani, 2 Mohamad Ichsana Nur 1. 11(1), 1–11.
Maleke, T. S., Pangkey, M., & Tampongangoy, D. (2022). Efektivitas Program Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Temboan Kecamatan Maesaan Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Administrasi Publik, 8(119), 27–36.
Menopang, D., Kesehatan, P., Indonesia, D. I., Ilmu, F., & Universitas, K. (2016). Prosiding seminar nasional komunikasi 2016. November, 344–351.
Puri Dita Putri Wijaya.pdf. (n.d.).
Rahayu, N. V., Sukmana, H., Studi, P., Publik, A., & Sidoarjo, M. (2022). Publik Di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. 12(Desember), 262–272.
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9 (pp. 1–8). yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf
Sari, C. N., Heriyanto, M., & Rusli, Z. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga. Program Studi Magister Ilmu Administrasi, 15, 135–141.
Sejiwa. (2008). Daftar Pustaka Daftar Pustaka. Pemikiran Islam Di Malaysia: Sejarah Dan Aliran, 20(5), 40– 43.
Taqiya, N. A., Mukaromah, S., & Pratama, A. (2020). Analisis Tingkat Kematangan Spbe Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Jawa Timur. SCAN - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(1), 22–33. https://doi.org/10.33005/scan.v15i1.1849
Yunengsih, S., & Syahrilfuddin, S. (2020). the Analysis of Giving Rewards By the Teacher in Learning Mathematics Grade 5 Students of Sd Negeri 184 Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(4), 715. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i4.8029
Yuniningsih, T., & Kharisma, D. (2014). Efektivitas Organisasi Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (Tdup) Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Semarang. Majalah Kedokteran Indonesia, 54(7), 283–288.