Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Masalah Perilaku Anak Usia Sekolah di SDN 02 Tribungan Situbondo
DOI:
https://doi.org/10.47134/phms.v1i4.59Keywords:
Pola Asuh Orang Tua, Masalah Perilaku, Anak Usia SekolahAbstract
Perilaku adalah sebuah respon yang muncul dari diri sendiri terhadap obyek atau benda yang berada disekitarnya. Namun, apabila anak melakukan perilaku yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat, maka anak itu dianggap mengalami masalah. Masalah perilaku tidak memiliki etiologi yang tunggal melainkan kombinasi dari berbagai masalah, seperti pengasuhan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya hubungan antara pola asuh orang tua dengan masalah perilaku pada anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan desain correlation research dengan pendekatan cross sectional study. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan besar sampel 104 dari 140 orang tua siswa-siswi di SDN 02 Tribungan Situbondo. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan pola asuh yang paling banyak diterapkan oleh responden adalah pola asuh permisif dengan persentase 76% dan sebanyak 78 anak mengalami masalah perilaku. Uji korelasi yang digunakan adalah Spearman rho dengan ketentuan ɑ ≤ 0,05. Hasil analisis hubungan antara pola asuh orang tua dengan masalah perilaku anak usia sekolah didapatkan r= 0,324 dan p=0,001. Kesimpulan, terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan masalah perilaku pada anak usia sekolah. Arah hubungan negatif dengan kekuatan lemah. Pola asuh orang tua yang kurang tepat dapat berisiko menimbulkan masalah perilaku pada anak. Oleh karena itu, upaya edukasi terhadap orang tua dan deteksi dini perlu dilakukan.
References
Agung, A., Savitri, P., & Gustiawan, E. (2022). Hubungan Pola Asuh Dengan Masalah Perilaku Dan Emosi Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Association Between Parenting With Behavioral and Emotional Problems Among Primary School Students in Penjaringan, North Jakarta, 21(1), 26–35.
Arsyad, K. M. (2020). Pola Asuh Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Pembentukan Perilaku Agama dan Sosial. Aktualita Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(2), 66–88.
Ashli, sheidow J. (2019). Perawatan Berbasis Keluarga untuk Masalah Perilaku Mengganggu pada Anak dan Remaja: Tinjauan Terbaru Studi Ketat (2014-April 2020). HHS Public Access, 00585702, 1–13. https://doi.org/10.1111/jmft.12567
Cowan, P. A. (2019). Fathers’ and mothers’ attachment styles, couple conflict, parenting quality, and children’s behavior problems: an intervention test of mediation. Attachment and Human Development, 21(5), 532–550. https://doi.org/10.1080/14616734.2019.1582600
Devi, D. A., Putera, A., Wahyuni, A. A. S., Ketut, N., & Ariani, P. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Masalah Perilaku Dan Emosional Pada Anak Di SD Saraswati 5 Denpasar. Medika Udayana, 8(8), 2597–8012. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum
Garcia, O. F. (2019). Raising children with poor school performance: parenting styles and short-and long-term consequences for adolescent and adult development. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(7). https://doi.org/10.3390/ijerph16071089
Garcia, O. F. (2021). Raising Spanish Children With an Antisocial Tendency: Do We Know What the Optimal Parenting Style Is? Journal of Interpersonal Violence, 36(13), 6117–6144. https://doi.org/10.1177/0886260518818426
Gardner, W. (1999). The PSC-17: A brief pediatric symptom checklist with psychosocial problem subscales. A report from PROS and ASPN. Ambul Child Health. https://www.semanticscholar.org/paper/The-PSC-17%3A-A-brief-pediatric-symptom-checklist-A-Gardner-Murphy/c1cfa88a5b860e036b807b6a21c8048725846639
Giofany, G., Indra, A., Arsana, I. W. E., & Trisna, K. (2023). Hubungan Pola Asuh dengan Masalah Emosi dan Perilaku pada Anak Kelas 4, 5, dan 6 di SD Negeri 2 Semarapura Tengah Kabupaten Klungkung Bali. 3(1), 32–36.
Haslam, D. (2020). Parenting Style, Child Emotion Regulation and Behavioral Problems: The Moderating Role of Cultural Values in Australia and Indonesia. Marriage and Family Review, 56(4), 320–342. https://doi.org/10.1080/01494929.2020.1712573
Hosokawa, R. (2019). Role of parenting style in children’s behavioral problems through the transition from preschool to elementary school according to gender in Japan. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(1). https://doi.org/10.3390/ijerph16010021
Irwanto, Melani, N. A. D., Ikhtiar, I., & Nurmala, I. (2020). Internal Reliability and Validity of Pediatric Symptom Checklist-17 Indonesian Version for Behavioral Problem Identification in Adolescent Population. Sapporo Medical Journal, 54(08), 1–11.
Istiqomah, N., Sutomo, R., & Hartini, S. (2020). Hubungan Pola Asuh Ibu dengan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. Sari Pediatri, 21(5), 302. https://doi.org/10.14238/sp21.5.2020.302-9
Jellinek, M. (1988). Pediatric Symptom Checklist: Screening school-age children for psychosocial dysfunction. The Journal Of Pediatrics. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0022347688800568#aep-article-footnote-id1
Konok, V. (2020). Associations between child mobile use and digital parenting style in Hungarian families. Journal of Children and Media, 14(1), 91–109. https://doi.org/10.1080/17482798.2019.1684332
Lopez, N. V. (2018). Parenting styles, food-related parenting practices, and children’s healthy eating: A meditation analysis to examine relationships between parenting and child diet. Appetite, 128, 205–213. https://doi.org/10.1016/j.appet.2018.06.021
Martínez-Ferrer, B. (2018). Child-to-parent violence and parenting styles: Its relations to problematic use of social networking sites, alexithymia, and attitude towards institutional authority in adolescence. Psychosocial Intervention, 27(3), 163–171. https://doi.org/10.5093/pi2018a24
Pinquart, M. (2019). Associations of Parenting Styles with Self-Esteem in Children and Adolescents: A Meta-Analysis. Journal of Child and Family Studies, 28(8), 2017–2035. https://doi.org/10.1007/s10826-019-01417-5
Pozzi, E. (2020). The Influence of Maternal Parenting Style on the Neural Correlates of Emotion Processing in Children. Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 59(2), 274–282. https://doi.org/10.1016/j.jaac.2019.01.018
Prakoso, G. D., & Fatah, M. Z. (2018). Analisis Pengaruh Sikap, Kontrol Perilaku, Dan Norma Subjektif Terhadap Perilaku Safety. Jurnal PROMKES, 5(2), 193. https://doi.org/10.20473/jpk.v5.i2.2017.193-204
Purnama, S., Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Fitriyah, Q. F., & Aziz, H. (2022). Do parenting styles and religious beliefs matter for child behavioral problem? The mediating role of digital literacy. Heliyon, 8(6). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09788
Puspita Sari, C. W. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Bagi Kehidupan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 76–80. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.597
Rizkiah, A., Risanty, R. D., & Mujiastuti, R. (2020). Sistem Pendeteksi Dini Kesehatan Mental Emosional Anak Usia 4-17 Tahun Menggunakan Metode Forward Chaining. JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(2), 83. https://doi.org/10.24853/justit.10.2.83-93
Sahithya, B. (2019). Parenting styles and its impact on children–a cross cultural review with a focus on India. Mental Health, Religion and Culture, 22(4), 357–383. https://doi.org/10.1080/13674676.2019.1594178
Septyningtyas, A. (2021). Gaya Pengasuhan Orang Tua Dengan Perilaku Bermasalah Pada Anak Taman Kanak-Kanak (TK). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 2013–2015.
Steele, E. (2019). Emerging adult psychological problems and parenting style: Moderation by parent-child relationship quality. Personality and Individual Differences, 146, 201–208. https://doi.org/10.1016/j.paid.2018.04.048
Suárez-Relinque, C. (2019). Child-to-parent violence: which parenting style is more protective? A study with spanish adolescents. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(8). https://doi.org/10.3390/ijerph16081320
Wairooy, N. (2021). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Gangguan Internalisasi, Eksternalisasi Dan Atensi Pada Remaja. 8487(2), 257–270.
Zulnida, E. F. (2020). Hubungan Masalah Perilaku Internalisasi dan Eksternalisasi Dengan Tingkat Kecerdasan Pada Remaja Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(2), 119. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i2.12735
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2023 Health & Medical Sciences

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.