Pengaruh Peer Educator Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa SDN Patrang 02 Jember

Authors

  • Dewi Yulita Sari
  • Sri Wahyuni Adriani Universitas Muhammadiyah Jember
  • Asmuji Asmuji Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/phms.v1i1.32

Keywords:

Peer Educator, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Anak Usia Sekolah

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan tindakan yang dapat mencegah berbagai penyakit, namun tindakan ini masih jarang diterapkan oleh anak usia sekolah sebagai kelompok usia yang beresiko terhadap masalah kesehatan. Salah satu pendekatan pendidikan kesehatan yang efektif pada anak usia sekolah terkait penerapan perilaku hidup bersih dan sehat yaitu dengan metode Peer Educator. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan perilaku hidup bersih dan sehat sebelum dan sesudah intervensi peer educator pada siswa sekolah dasar. Metode: Desain penelitian ini yaitu quasy eksperimental yang terdiri dari 36 responden kelompok eksperimen dan 36 responden kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan menggunakan uji statistik uji Wilcoxon dan Mann Whitney U. Hasil: Perilaku hidup bersih dan sehat sesudah intervensi peer educator pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dengan mayoritas berada pada kategori PHBS baik (88,9%), sedangkan kelompok kontrol tidak mengalami peningkatan dengan mayoritas berada pada kategori PHBS cukup (63,9%). Kesimpulan: Perilaku hidup bersih dan sehat siswa SDN Patrang 02 Jember terdapat perbedaan sesudah intervensi peer educator antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang menunjukkan nilai (p 0,0005<0,05). Diskusi: Pendidikan kesehatan oleh peer educator direkomendasikan untuk sekolah karena metode ini dapat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa sekolah dasar.

References

Alpine, L. (2019). Evaluation of a 2 to 1 peer placement supervision model by physiotherapy students and their educators. Physiotherapy Theory and Practice, 35(8), 748–755. https://doi.org/10.1080/09593985.2018.1458168

Bhattacharjee, P. (2018). Micro-planning at scale with key populations in Kenya: Optimising peer educator ratios for programme outreach and HIV/STI service utilisation. PLoS ONE, 13(11). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0205056

Blazevic, I. (2016). Family, Peer and School Influence on Children’s Social Development. World Journal of Education, 6, 42–49. https://doi.org/https://doi.org/10.5430/wje.v6n2p42

Buramare, M., Yudiernawati, A., & Nurmaningsih, T. (2017). Pengetahuan anak anak jalanan (usia sekolah) berhubungan dengan pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Nursing News, 2(2), 71–79. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/466

Direktorat Remaja dan Perlindungan Hak-Hak Reproduksi BKKBN. (2012). Kurikulum dan modul pelatihan pemberian informasi kesehatan reproduksi remaja oleh pendidikan sebaya.

Dodd, S., Widnall, E., Russell, A. E., Curtin, E. L., Simmonds, R., Limmer, M., & Kidger, J. (2022). School-based peer education interventions to improve health: a global systematic review of effectiveness. BMC Public Health, 22(1), 2247. https://doi.org/10.1186/s12889-022-14688-3

Healy, S. (2020). The Impact of Online Professional Development on Physical Educators‘ Knowledge and Implementation of Peer Tutoring. International Journal of Disability, Development and Education, 67(4), 424–436. https://doi.org/10.1080/1034912X.2019.1599099

Hidayah, A., & Nasution, N. H. (2019). Pengaruh Peer Group Health Education Terhadap Perilaku Personal Hygiene Siswa Sekolah Dasar. Education, Jurnal, 7(4), 249–251. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v7i4.1408

Inayah, R., Arafajah, & Aini, L. (2018). The Effect of Healthy Education on the Improvement of Knowledge About Behavior Clean Healthy Living in Elementary School 1 Serut Panti Jember. The Indonesian Journal of Health Science, 137–140.

Karaca, A. (2018). Peer Education from the Perspective of Peer Educators. Journal of Child and Adolescent Substance Abuse, 27(2), 76–85. https://doi.org/10.1080/1067828X.2017.1411303

Kemenkes, R. (2016). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Laporan Provinsi Jawa Timur RISKESDAS 2018.

Kimera, E. (2019). Youth living with HIV/AIDS in secondary schools: perspectives of peer educators and patron teachers in Western Uganda on stressors and supports. Sahara J, 16(1), 51–61. https://doi.org/10.1080/17290376.2019.1626760

Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2018). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa Madrasah Tsanawiyah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 149–163. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22674

Mustar, Y. S., Susanto, I. H., & Bakti, A. P. (2018). Pendidikan Kesehatan: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar. JISIP, 2(2), 89–95. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020

Nugroho, K. P. A., & Anggraheni, S. D. (2019). Persepsi Anak Usia Sekolah Terhadap Kesehatan Diri Dan Upaya Phbs Di Kabupaten Boyolali. Media Ilmu Kesehatan, 6(3), 249–259. https://doi.org/10.30989/mik.v6i3.215

Organization, W. H. (2014). World Health Organization.

Paudel, S., GC, K. B., Bhandari, D. B., Bhandari, L., & Arjyal, A. (2017). Health Related Lifestyle Behaviors among Undergraduate Medical Students in Patan Academy of Health Sciences in Nepal. Journal of Biosciences and Medicines, 5(09), 43–53. https://doi.org/10.4236/jbm.2017.59005

Pender, N. J. (2011). Health Promotion Models. In Rehabilitation: The Use of Theories and Models in Practice. https://doi.org/10.1016/B978-0-443-10024-6.50010-4

Raker, A. R. (2020). Positive Side Effects: The Perceived Health and Psychosocial Benefits of Delivering an HIV Self-Management Program for Peer Educators Living with HIV. Journal of the Association of Nurses in AIDS Care, 31(5), 517–525. https://doi.org/10.1097/JNC.0000000000000102

Rastini, N. K., & Marwati, N. M. (2018). Perbedaan Penggunaan Metode Ceramah Dengan Metode Ceramah Kombinasi Media Video Terhadap Pengetahuan Dan Tindakan Cuci Tangan Pakai Sabun Siswa. Jurnal Kesehatan Lingkungan (JKL), 8(1), 13–22. https://doi.org/10.33992/jkl.v8i1.344

Romadonika, F., Purqoti, D. N., Wasliah, I., & Soliha, S. A. (2022). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada siswa kelas V MIN 1 Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah STIKES Yarsi Mataram, 11(2), 86–90. https://doi.org/10.57267/jisym.v11i2.113

Soetdjiningsih. (2004). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya (I).

Steinman, L. (2020). Can mHealth and eHealth improve management of diabetes and hypertension in a hard-to-reach population? —lessons learned from a process evaluation of digital health to support a peer educator model in Cambodia using the RE-AIM framework. MHealth, 6. https://doi.org/10.21037/mhealth-19-249

Tambunan, C. N., 1*, F. N., & 2, L. N. (2022). Relationship Between Clean And Healthy Living Behavior ( PHBS ) With The Incidence Of Diarrhea In Toddlers Abstrak. 1–8.

Wahyu, P., Juniantari, S., & Putra, G. N. W. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Peer Goup Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak Usia Sekolah (Kelas IV) di SD Negeri 6 Batur. 3(1), 84–89.

Wahyuni, S. A., Mulyono, S., & Wiarsih, W. (2017). Peningkatan Perilaku Mencuci Tangan Dengan Teknik Modeling Pada Kelompok Anak Usia Sekolah. The Indonesian Journal of Health Science, 8(2), 145–155. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/TIJHS/article/view/868

Zachariah, B. (2018). What is in It for Them? Understanding the Impact of a ‘Support, Appreciate, Listen Team’ (SALT)-Based Suicide Prevention Peer Education Program on Peer Educators. School Mental Health, 10(4), 462–476. https://doi.org/10.1007/s12310-018-9264-5

Zambuto, V. (2019). Why do some students want to be actively involved as peer educators, while others do not? Findings from NoTrap! anti-bullying and anti-cyberbullying program. European Journal of Developmental Psychology, 16(4), 373–386. https://doi.org/10.1080/17405629.2017.1419954

Zambuto, V. (2020). Voluntary Vs Nominated Peer Educators: a Randomized Trial within the NoTrap! Anti-Bullying Program. Prevention Science, 21(5), 639–649. https://doi.org/10.1007/s11121-020-01108-4

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Sari, D. Y. ., Adriani, S. W., & Asmuji, A. (2023). Pengaruh Peer Educator Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa SDN Patrang 02 Jember. Health & Medical Sciences, 1(1), 11. https://doi.org/10.47134/phms.v1i1.32

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.