Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Studi di Desa Kertonegoro, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember)

Authors

  • Iftita Naura Imaulidya
  • Emy Kholifah R Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/pssh.v1i4.132

Keywords:

BUMDes, Strategi, Pengembangan

Abstract

Salah satu tujuan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai lembaga usaha desa yang dikelola baik dari masyarakat dan pemerintah desa yaitu untuk mendorong, meningkatkan, mengembangkan pertumbuhan ekonomi desa, serta meningkatkan pemberdayaan pada masyarakat. Pelaksanaan dari tujuan tersebut dilakukan melalui pengelolaan usaha dari BUMDes dengan memanfaatkan sember daya yang ada. Berkaitan dengan hal tersebut tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menggambarkan pengembangan BUMDes di Desa Kertonegoro, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dan deskriptif, dengan informasi dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu BUMDes periode sebelumnya mengalami penurunan dalam usahanya serta habisnya modal untuk pengelolaan usaha yang dilakukan yaitu penjualan AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) yang bekerja sama dengan pondok air minum Al-Qodiri. Kepala Desa akhirnya melakukan pergantian kepengurusan dalam BUMDes melalui SK (Surat Keputusan) resmi yang sudah diturunkan namun terhambat anggaran yang belum turun yang menjadikan BUMDes belum memiliki usaha sampai sekarang serta belum adanya musyawarah dari pengelola BUMDes bersama dengan Kepala Desa terkait pengembangan badan usaha. BUMDes terus berusaha untuk menghidupkan badan usahanya dengan cara merancang strategi terlebih dahulu seperti mening-katkan sumber daya manusia yang berkompeten, inovasi usaha bersama UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang ada di desa serta membuat unit usaha yang dapat dikembangkan dalam jangka panjang. Adapun beberapa usaha yang akan BUMDes lakukan dalam menerapkan strateginya yaitu membuka usaha foto copy, toko pusat oleh-oleh dan menjual ATK. Usaha ini dibuat karena peluangnya besar untuk kemudahan masyarakat dan kesejahteraan masyarakat Desa Kertonegoro.

References

Agrawal, R. (2022). Attaining sustainable development goals (SDGs) through supply chain practices and business strategies: A systematic review with bibliometric and network analyses. Business Strategy and the Environment, 31(7), 3669–3687. https://doi.org/10.1002/bse.3057

Awasthi, S. K. (2022). Multi-criteria research lines on livestock manure biorefinery development towards a circular economy: From the perspective of a life cycle assessment and business models strategies. Journal of Cleaner Production, 341. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2022.130862

Banik, D. (2019). Business and morals: Corporate strategies for sustainable development in China. Business and Politics, 21(4), 514–539. https://doi.org/10.1017/bap.2019.26

Desa, K. (2023). Penetapan Pengganti Antar Waktu Kepengurusan Badan Usaha Milik Desa.

Edwards, M. G. (2021). The growth paradox, sustainable development, and business strategy. Business Strategy and the Environment, 30(7), 3079–3094. https://doi.org/10.1002/bse.2790

Fraser, J. (2019). Creating shared value as a business strategy for mining to advance the United Nations Sustainable Development Goals. Extractive Industries and Society, 6(3), 788–791. https://doi.org/10.1016/j.exis.2019.05.011

Gaikwad, L. (2021). Development of an integrated framework of LGSS strategies for Indian manufacturing firms to improve business performance: an empirical study. TQM Journal, 33(1), 257–291. https://doi.org/10.1108/TQM-05-2020-0110

García-Sánchez, I. M. (2020). “Sell” recommendations by analysts in response to business communication strategies concerning the Sustainable Development Goals and the SDG compass. Journal of Cleaner Production, 255. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.120194

Gianos, J. F. (2013). A Brief Introduction To Ansoffian Theory And The Optimal Strategic Performance-Positioning Matrix On Small Business (Ospp). Journal of Management Research, 5(2), 107–118. https://doi.org/10.5296/jmr.v5i2.3129

Hernández, J. J. M. (2021). Business-oriented environmental regulation: Measurement and implications for environmental policy and business strategy from a sustainable development perspective. Business Strategy and the Environment, 30(1), 507–521. https://doi.org/10.1002/bse.2634

Karim, A. (2019). Peningkatan Ekonomi Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Nas Media Pustaka. https://www.academia.edu/download/62440051/ebook-bumdes20200322-77446-186t2rg.pdf

Kunce, C. J. I., Neolaka, M. N. B. C., & Ekonomi, P. U. (2020). Mengembangkan Usaha Ekonomi Masyarakat Desa Ondorea Barat Kecamatan Nangapanda Kabupaten Ende.

Lisa, R., & Maschandra, R. I. (2010). Analisis Penelitian Kualitatif Model Miles Dan Huberman (Sebuah Rangkuman Dari Buku Analisis Data Qualitatif, Mathew B. Miles Dan A. Michael Huberman) Terjemahan Tjetjep Rohindi, Ui-Press 1992.

Liu, C. (2021). Business strategy and sustainable development: Evidence from China. Business Strategy and the Environment, 30(1), 657–670. https://doi.org/10.1002/bse.2645

Liu, C. H. (2020). Co-competition, learning, and business strategy for new service development. Service Industries Journal, 40(7), 585–609. https://doi.org/10.1080/02642069.2019.1571045

Maciariello, J. (2009). Marketing And Innovation In The Drucker Management System. Journal of the Academy of Marketing Science, 37(1), 35–43. https://doi.org/10.1007/S11747-008-0098-9

Martín, M. G. (2021). New business models from prescriptive maintenance strategies aligned with sustainable development goals. Sustainability (Switzerland), 13(1), 1–26. https://doi.org/10.3390/su13010216

Melović, B. (2020). Attracting green consumers as a basis for creating sustainable marketing strategy on the organic market-relevance for sustainable agriculture business development. Foods, 9(11). https://doi.org/10.3390/foods9111552

Miotto, G. (2019). Gender equality and UN sustainable development goals: Priorities and correlations in the top business schools’ communication and legitimation strategies. Sustainability (Switzerland), 11(2). https://doi.org/10.3390/su11020302

Muin, R., & Rosdiana, R. (2020). Efektivitas Program Keluarga Harapan (Pkh) Terhadap Penerima Bantuan Di Desa Laliko Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. J-Alif, 5(2), 130. https://doi.org/10.35329/jalif.v5i2.1844

Nur, F. A. (2022). Strategi Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Untuk Mengembangkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Mattampa Bulu, Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone.

Peng, C. W. (2020). The role of business strategy and CEO compensation structure in driving corporate social responsibility: Linkage towards a sustainable development perspective. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 27(2), 1028–1039. https://doi.org/10.1002/csr.1863

Stonehouse, G., & Snowdon, B. (2007). Competitive Advantage Revisited Michael Porter On Strategy And Competitiveness. Journal of Management Inquiry, 16(3), 256–273. https://doi.org/10.1177/1056492607306333

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Swaffield, S. R. (2019). Connecting business with the agricultural landscape: business strategies for sustainable rural development. Business Strategy and the Environment, 28(7), 1357–1369. https://doi.org/10.1002/bse.2320

Syarifudin, A., & Astuti, S. (2020). Strategi Pengembangan Bumdes Dalam Optimalisasi Potensi Ekonomi Desa Dengan Pendekatan Social Entrepreneur Di Kabupaten Kebumen. Research Fair Unisri, 4(1). https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3400

Tinggusti, D. A. R. (2021). Strategi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Desa Hurun Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran.

Yousaf, Z. (2021). Harmonization of green motives and green business strategies towards sustainable development of hospitality and tourism industry: Green environmental policies. Sustainability (Switzerland), 13(12). https://doi.org/10.3390/su13126592

Zuo, L. (2020). Sustaining WEEE collection business in China: The case of online to offline (O2O) development strategies. Waste Management, 101, 222–230. https://doi.org/10.1016/j.wasman.2019.10.008

Downloads

Published

2023-11-13

How to Cite

Imaulidya, I. N. ., & Kholifah R, E. (2023). Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Studi di Desa Kertonegoro, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember). Pubmedia Social Sciences and Humanities, 1(4). https://doi.org/10.47134/pssh.v1i4.132

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.