Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan di Puskesmas Panarukan

Authors

  • Dimas Syarif Hidayatullah

DOI:

https://doi.org/10.47134/phms.v1i2.42

Keywords:

Pengaruh, Kualitas Pelayanan, Kepuasan

Abstract

Dalam bidang kesehatan saat ini persaingan sangat ketat, masing-masing dari setiap fasilitas kesehatan berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik, salah saunya diselenggarakannya BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Masyarakat masih ada yang mengeluhkan tentang perbedaan kualitas pelayanan pasien BPJS dan Non-BPJS, yaitu lamanya dan kurangnya pelayanan jika pasien menggunakan BPJS, yang berdampak terhadap ketidakpuasan pasien BPJS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS di rawat jalan puskesmas panarukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan pendekatan deskriptif yang menggunakan metode survei. Hasil analisis dari penelitian ini dapat dilihat dari tingkat signifikansi (α) yaitu bukti fisik (0,005<0,05), keandalan (0,003<0,05), daya tanggap (0,039<0,05), jaminan (0,029<0,05), dan empati (0,029<0,05) yang artinya kelima aspek tersebut mempengaruhi kepuasan pasien. Diharapkan pemerintah maupun fasilitas kesehatan kedepannya bisa memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi, yang efektif dan   efisien kepada pasien BPJS mapupun non-BPJS.

References

Abidin. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bpjs Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia.

Baan, R. R. S. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada RS. Bahagia Makassar. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis. https://doi.org/10.24967/ekombis.v5i1.591

Buchari, A. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Cetakan 5. In Bandung: CV Alfabeta.

Datuan, N., Darmawansyah, D., & Daud, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Maritim. https://doi.org/10.30597/jkmm.v1i3.8820

Firli Musfar, T. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran : Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. In Media Sains Indonesia.

Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek.

Ghozali, I. (2017). Ghozali, Imam. In Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harijanto, S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Paru Dungus Madiun. JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. https://doi.org/10.31596/jkm.v6i1.246

Jatmiko, Anggarani, A., & Sudarwan. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. In Universitas Esa Unggul.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Kotler & Armstrong, Principles of Marketing | Pearson. In Pearson.

Mulyana, M. (2019). Manajemen Pemasaran. Materi Tutorial Online Ekma 4216 Manajemen Pemasaran.

Napitupulu, R. M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Gunung Tua Kecamtan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam. https://doi.org/10.24952/tijaroh.v4i2.1104

Ningrum, R. M. (2014). Pengaruh Kualitas PelCayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol .5 No.2, November 2016.

Rizal, R., Suardi, M., & Yulihasri, Y. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan sebagai Mediasi terhadap Loyalitas Pasien. Jurnal Sains Farmasi & Klinis. https://doi.org/10.29208/jsfk.2017.3.2.112

Sari, R. A., & Armiati, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan di RSUD Lubuk Basung Kabupaten Agam. Jurnal Ecogen. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7409

Sugiyono. (2017). Sugiyono, 2017:60. Journal of Chemical Information and Modeling.

Tajuddin, S., Hermansyah, S., & Angreani, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Studi Ilmu Pemerintahan. https://doi.org/10.35326/jsip.v1i2.765

Tjiptono, & Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. In Yogyakarta: Andi.

Tony Wijaya S. (2018). Manajemen Kualitas Jasa No Title. In ANDI.

Widyaningsih, D. S., & Maryani, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Laboratorium Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Kesehatan. https://doi.org/10.38165/jk.v9i1.80

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Hidayatullah, D. S. . (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan di Puskesmas Panarukan. Health & Medical Sciences, 1(2), 14. https://doi.org/10.47134/phms.v1i2.42

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.