Hubungan Aktivitas Menggunakan Gawai Dengan Dimensi Responsif Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember

Authors

  • Suster Susilowati Universitas Muhammadiyah Jember
  • Yeni Suryaningsih Universitas Muhammadiyah Jember
  • Komarudin Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/phms.v2i1.274

Keywords:

Aktivitas Menggunakan Gawai, Dimensi Responsif, Komunikasi

Abstract

Gawai adalah perangkat elektronik kecil dan canggih yang dibuat dengan berbagai aplikasi yang dapat menyediakan berbagai berita media, jejaring sosial, hobi, hiburan bahkan mempermudah komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan aktivitas menggunakan gawai dengan dimensi responsif pada mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember. Desain penlitian ini menggunakan metode analisis korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 153 orang dengan jumlah responden 111 orang diambil dengan teknik simple random sampling. Untuk menentukan Hipotesis peneliti menggunakan uji Spearman Rho (α = 0,05) didapatkan nilai ρ value sebesar 0,008 artinya H1 diterima Atau ada hubungan Aktivitas Menggunakan Gawai Dengan Dimensi Responsif Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember. Penelitian ini dapat digunakan sebagai memberi informasi yang berkaitan dengan masalah kesehatan tentang akibat penggunaan gawai secara berlebihan dan diharapakan menciptakan lingkungan belajar serta sarana komunikasi dengan memanfaatkan gawai secara benar.

References

Abdillah Mohammad TQ and Rivo Nugroho (2021) ‘Hubungan Penggunaan Gawai Dengan Tingkat Interaksi Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di Tk Tunas Bangsa Rungkut Surabaya’, Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 05(2), pp. 88–97.

Aprilia, R., Sriati, A. & Hendrawati, S. 2019, „Tingkat kecanduan media sosial pada remaja‟, Journal of Nursing Care, vol. 3, no. 1, pp. 41–53. Available at: https://jurnal.unpad.ac.id/jnc/article/view/26928.

Cahyaningsih, A.A., Ati, N.U. and Abidin, A.Z. (2019) ‘Gadget dan Mahasiswa (Studi Tentang Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Mahasiswa di Universitas Brawijaya)’, Jurnal Respon Publik, 13(3), pp. 21–29.

Diana, Z., Juwariyah, S. and Supriyono, M. (2023) ‘Hubungan Ketergantungan Internet dengan gangguan Interaksi Sosial pada Remaja Alumni Program Studi S-1 Keperawatan STIKES Telogorejo Semarang Dosen Program Studi S-1 Keperawatan STIKES Telogorejo Semarang’, 1(4), pp. 131–148.

Domitila, J.I.P.; M., Wulandari, M.M. and Marhayani, F. (2021) ‘Analisis Penggunaan Gawai Terhadap Interaksi Sosial Anak Sekolah DasarNegeri Kota Singkawang’, Jurnal Ilmiah Potensia, 6(2), pp. 131–141.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Efendi, V.P.W.A. (2021) ‘Literature Review Hubungan Penggunaan Gawai Terhadap Aktivitas Fisik Remaja’, Jurnal Kesehatan Olahraga, 9, pp. 17–26.

Fahrudin, H. and Cahyaningtyas, A.Y. (2020) ‘Durasi Penggunaan Gadget Berhubungan dengan Interaksi Sosial Remaja di SMP Muhammadiyah 2 Karanganyar Duration of Gadget Usage Associated with Adolescent Social Interaction’, Stethoscope, 1(2), pp. 97–105.

Ghozali, Imam (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harmain, H.A., Posangi, S.S. and Datunsolang, R. (2022) ‘Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa’, Educator (Directory of Elementary Education Journal), 3(1), pp. 20–35. Available at: https://doi.org/10.58176/edu.v3i1.559.

Hizar, M. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan : Definisi Operasional. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Rineka Cipta 27–69

Hulukati, W. and Djibran, M.R. (2018) ‘Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo’, Bikotetik (Bimbingan dan Konseling Teori dan Praktik), 2(1), p. 73. Available at: https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80.

Husna, P. A. (2019). PENGARUH MEDIA GADGET PADA PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK. Dinamika, 315–330.

Imasria Wahyuliarmy, A. and Ayu Kumala Sari, C. (2021) ‘Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Interaksi Sosial’, IDEA: Jurnal Psikologi, 5(2), pp. 100–114. Available at: https://doi.org/10.32492/idea.v5i2.5204.

Juwariyah, S., Sari, N.M.A.W. and Amalia, P. (2023) ‘Hubungan Pengunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial dan Kecemasan (Nomophobia) pada Remaja Di RW 02 Dusun Keling’, Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 7(1), pp. 27–33. Available at: https://doi.org/10.33655/mak.v7i1.160.

Keswara, U.R., Syuhada, N. and Wahyudi, W.T. (2019) ‘Perilaku penggunaan gadget dengan kualitas tidur pada remaja’, Holistik Jurnal Kesehatan, 13(3), pp. 233–239. Available at: https://doi.org/10.33024/hjk.v13i3.1599.

Lioni, T. and Nurmalisa, Y. (2019) ‘Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Peserta Didik terhadap Interaksi Sosial. Jurnal Kultur Demokrasi No. 2 Volume 2, Articles.

Marniati and Adjunct, 2021. Komunikasi Kesehatan Berbasis Terapeutik.Edisi. 1, Cet. 1. PT Raja Grafindo Persada, Depok. Available at: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=07KAEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=fungsi+hubungan+terapeutik&ots=qRmycJLLlk&sig=qXowreIfnuNEL0QE6HAWwHS3p6M&redir_esc=y#v=onepage&q=fungsi%20hubungan%20terapeutik&f=false

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Edisi 5. 5th edn. Edited by P. Lestari. Jakarta: Salemba Medika. In Jurnal; Ilmiah Keperawatan.

Oktavia, N. and Mulabbiyah, M. (2019) ‘Gawai Dan Kompetensi Sikap Sosial Siswa Mi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas V Min 2 Kota Mataram)’, El Midad, 11(1), pp. 19–40. Available at: https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1903.

Palar, J.E., Onibala, F. and Wenda Oroh (2018) ‘Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak Dengan Perilaku Anak Dalam Penggunaan Gadget’, e-Journal Keperawatan, 6(2), pp. 1–8.

Rahayu R, A.A. et al. (2018) ‘Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi’, Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(2), pp. 157–164.

Rohana, F. and Hartini, S. (2020) ‘Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah Di Sdn 02 Banyuurip Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati’, Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 9(2), p. 137. Available at: https://doi.org/10.31596/jcu.v9i2.594.

Putri, A.F. (2019) ‘Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya’, 3, pp. 35–40.

Septyawan, C. (2019). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Perilaku Komunikasi Siswa Kelas IX di SMP Negeri 3 Sungguminasa. UIN Alauddin Makassar, Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Makassar: Repository UIN Alauddin Makassar.

Studi, P., Keperawatan, I. and Kesehatan, F.I. (2023) ‘Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan Interaksi Sosial Pada Anak Sekolah Di Sdn Interaksi Sosial Pada Anak Sekolah Di Sdn Gondoruso 03 Kabupaten Lumajang’.

Studi, V. C.-, & Sectional, C. (2023). Dukungan Keluarga, Pengetahuan, dan Sikap Menurunkan Kecemasan Lansia Dukungan Keluarga, Pengetahuan, dan Sikap Menurunkan Kecemasan Lansia dalam Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 : Studi Cross Sectional. November 2023. https://doi.org/10.26630/jkm.v14i1.3594.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Teguh, P. 2015. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Warisyah, Yusmi. (2015). Pentingnya Pendampingan Dialogis Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. FKIP Universitas Muhammdiyah Ponorogo.

Widiawati, I, Sugiman, H & Edy. 2014. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta: Universitas Budi Luhur. E-journal Keperawatan, 6, 1-6.

Wijaya, R.B.A. and Muslim, A. (2021) ‘Konsep Diri Pada Masa Dewasa Awal yang Mengalami Maladaptive Daydreaming’, Jurnal Psikologi Islam: Al-Qalb, 12(2), pp. 179–193

Yusuf Sukman, J. (2017). Hubungan Antara Kecanduan Gadget (Smartphone) Dengan Empati Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta , 4, pp. 9–15

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Susilowati, S., Suryaningsih, Y., & Komarudin. (2024). Hubungan Aktivitas Menggunakan Gawai Dengan Dimensi Responsif Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember. Health & Medical Sciences, 2(1), 13. https://doi.org/10.47134/phms.v2i1.274

Issue

Section

Articles

Categories