Strategi Komunikasi Green marketing pada Produk INNISFREE dalam Upaya Mendukung Kampanye Ramah Lingkungan

Authors

  • Anisa Octafina Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Eni Murdiati Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Anita Trisiah Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.47134/pslse.v1i2.243

Keywords:

Strategi Komunikasi, Green marketing, Kampanye

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan jumlah penduduk di Indonesia yang menyebabkan bertambahnya sampah harian, terutama sampah plastik. Untuk mengatasi masalah ini, beberapa masyarakat yang peduli terhadap isu lingkungan mengajak publik melalui kampanye sosial yang sedang berkembang, yaitu kampanye gaya hidup ramah lingkungan. Salah satu kampanye tersebut diselenggarakan oleh Innisfree. Penelitian ini menggunakan teori analisis SWOT dan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi dan wawancara dengan narasumber terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Innisfree dalam mendukung kampanye ramah lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pemasaran hijau melibatkan penerapan kegiatan dasar bauran pemasaran, seperti hubungan masyarakat, periklanan, promosi penjualan, dan penjualan pribadi.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, tahun 2006, hlm. 22.

Azwar. Saifuddin, Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, tahun 2013, hlm. 91.

Azwar. Saifuddin, Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, tahun 2013, hlm. 90.

Azzahra Maharani, Costumer Innisfree. tanggal 8 Maret 2024.

Bungin, Burhan. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, Dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, Ed. 1, Cet. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup, 2017.

Deasymonica. Mengenal Brands Innisfree. Diperoleh dari website . Diakses 5 Februari 2024.

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya (Surabaya: Karya Agung Surabaya, 2006), hlm. 212.

Fathia. R & Kiki. R. (2019). Strategi Komunikasi Public Relations untuk membangun Citra Innisfree melalui Penggunaan VR. Jurnal Penelitian Komunikasi, 22 (2). STIKOM.

Fetnisari. B., Herru P. W, and Emei D. S, Strategi Komunikasi Pemasaran Kae Thai Tea dalam Meningkatkan Brand Awareness, tahun 2021, Jurnal Komunikasi Nusantara 3(1) ,33–43. Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Girina Tri Widiarini, Costumer Yang Menjadi Distributor Yang Berkolaborasi Dengann Innisfree. Tanggal 7 Maret 2024.

Hanifah, Deanovella Septiana. Strategi Komunikasi dalam Kampanye Gaya Hidup Ramah Lingkungan di Yogyakarta oleh Bulk Store Vert Terre, Tahun 2023. Universitas Pembangunan nasional.

Innisfree. [n.d.]. Tentang Innisfree “Konsep Brand”. Diperoleh dari website Innisfree: http://www.innisfree.com/id/id/BrandPage.do?pageName=brand_concept, diakses 20 Agustus 2023.

Innisfree. [n.d.]. Tentang Innisfree “Konsep Brand”. Diperoleh dari website Innisfree: http://www.innisfree.com/id/id/BrandPage.do?pageName=brand_concept. Diakses 5 Februari 2024.

Iqbal. Y. K and Neni. Y, Peran Instagram @greenarationid sebagai Media Kampanye Ramah Lingkungan’, Jurnal Riset Public Relations. vol 1. (2). tahun 2021. Universitas Islam Bandung.

Jati, W., & Sujadi. Model Meningkatkan niat pembelian konsumen pada produk Ramah lingkungan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Jhon E & R. Dermawan Soemanagara Kennedy, Marketing Communication (Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer, 2006).

Kementerian Perindustrian. [n.d.]. Berita Industri: Produk Impor Kuasai Pasar Kosmetik. Diperoleh dari website: http://kemenperin.go.id/artikel/11943/Produk-Impor-Kuasai-Pasar-Kosmetik, diakses 20 Agustus 2023.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks, tahun 2009.

Lestari, Heppiana, & Bafadhal, S. d. Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave terhadap Citra Merek serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. vol 66 (1). tahun 2019. Jurnal Administrasi Bisnis. Universitas Brawijaya.

M.L Anjarwati. Pengaruh negara asal dan elektronik word od mouth terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, hlm. 50–63. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Universitas Diponegoro.

M.L Anjarwati. Pengaruh negara asal dan elektronik word od mouth terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Universitas Diponegoro.

Mega Syafira, Costumer Aktif Pengguna Innisfree. Tanggal 7 Maret 2024.

Moleong Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, tahun 2014, hlm. 157.

Nurindah Septianti, NonCostumer, 2024.

Nurul Mahlia Fitri, NonCostumer, 2024.

Sagiyanto, Asriyani, and Badiatul Qibtiyani. Strategi Komunikasi Pemasaran Green Marketing pada Produk Hellobottle. Id dalam Upaya Mendukung Kampanye Ramah Lingkungan Kepada Konsumen. Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 12 (1), tahun 2021, pp 91–99. Universitas Bina Sarana Informatika.

Sampoerna University. Pengertian Komunikasi Organisasi, Teori, Dan Konsepnya. tahun 2022. Diperoleh dari website <https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/pengertian-komunikasi-organisasi/>. diakses 25 Agustus 2023.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, tahun 2014. hlm. 89.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, tahun 2015, hlm. 320.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi, tahun 2010, hlm. 6

Wike Dita Herlinda, ‘Innisfree Buka Gerai Perdana di Indonesia Akhir Maret’, Bisnis.Com, 2017. Diperoleh dari website <https://m-bisnis-com.cdn.ampproject.org/v/s/m.bisnis.com/amp/read/20170207/104/626359/innisfree-buka-gerai-perdana-di-indonesia-akhir-maret?amp_gsa=1&amp_js_v=a9&usqp=mq331AQIUAKwASCAAgM%3D#amp_tf=Dari %251%24s&aoh=17027901777797&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com>, diakses 20 Agustus 2023.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Octafina, A., Murdiati, E., & Trisiah, A. (2024). Strategi Komunikasi Green marketing pada Produk INNISFREE dalam Upaya Mendukung Kampanye Ramah Lingkungan. Physical Sciences, Life Science and Engineering, 1(2), 11. https://doi.org/10.47134/pslse.v1i2.243

Issue

Section

Articles