Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Proses Pembelajaran Kegiatan P5 Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMK Negeri 2 Buduran

Authors

  • Irma Agustin Dwi Alfina Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fitria Nur Hasanah Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/pslse.v1i2.195

Keywords:

Implemensi Kurikulum Merdeka, Teknologi, P5

Abstract

Kurikulum mandiri diperkenalkan untuk mengatasi krisis belajar (learning loss) akibat pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk implementasi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran kegiatan P5 berbasis teknologi informasi dan komunikasi, dan tingkat kepuasan peserta didik terhadap kurikulum merdeka dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan variabel tunggal yaitu pelaksanaan kurikulum merdeka kegiatan P5. Populasi penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Buduran. Dalam menentukan jumlah sampel penelitian ini, penulis menggunakan rumus slovin kemudian dihitung didapatkan jumlah sampel sebanyak peserta didik 189 dan fasilitator 14, dengan menerapkan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase menghitung jawaban responden dengan menggunakan program komputer yaitu excell. Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi (TIK) dapat meningkatkan kualitas pengajaran, kualitas peserta didik, minat peserta didik, dan serentak menaikkan nilai pendidik dibidang kemajuan teknologi. Kepuasan peserta didik tentang kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yaitu menunjukkan bahwa 89% peserta didik sangat puas dengan adanya kurikulum merdeka memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan, bakat dan minat mereka secara lebih luas dan terbuka sesuai prinsip perbedaan individu.

References

Al, D. A. S. E. (2022). Analisis Kegiatan P5 Di Sma Negeri 4 Kota Tangerang Sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka. J. Pendidik. Mipa, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.37630/Jpm.V12i2.578.

Ariefah, A. (2023). Sentiment Analysis for Curriculum of Independent Learning Based on Naïve Bayes with Laplace Estimator. 2023 International Conference on Information Technology Research and Innovation, ICITRI 2023, 157–161. https://doi.org/10.1109/ICITRI59340.2023.10249320

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar. J. Educ. Fkip Unma, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/Educatio.V7i3.1279.

Daud, A. (2020). Strategi Guru Mengajar Di Era Milenial. Al-Mutharahah J. Penelit. Dan Kaji. Sos. Keagamaan, 17(1), 29–42. https://doi.org/10.46781/Al-Mutharahah.V17i1.72.s

Dwikoranto. (2023). Validity of Teaching Modules with Problem-Based Learning (PBL) Model Assisted by E-Book to Improve Problem-Solving Skills on Renewable Energy Material and Implementation of Independent Learning Curriculum. Journal of Physics: Conference Series, 2623(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2623/1/012015

Elfitra, L. (2023). Development Of Indonesian Language Teaching Modules Maritimely Based On The Independent Curriculum At Smp Negeri 1 Bintan School Year 2022/2023. BIO Web of Conferences, 79. https://doi.org/10.1051/bioconf/20237909004

Elison, D. M. (2020). Focused cardiac ultrasound training in medical students: Using an independent, simulator-based curriculum to objectively measure skill acquisition and learning curve. Echocardiography, 37(4), 491–496. https://doi.org/10.1111/echo.14641

Hasanah, U. (2022). Peran Pengembangan Dan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar (T. L. J. M. E.- Issn, Ed.; Vol. 3, Issue 1, pp. 2721–9666). https://doi.org/10.36312/Teacher.V3i1.1055.

Huckaby, L. V. (2020). The Life After Surgical Residency (LASR) Curriculum for Surgical Residents: Addressing the Nonclinical Barriers to Preparedness for Independent Practice. Journal of Surgical Education, 77(2), 254–259. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2019.09.017

Kementerian Pendidikan. (2022). Keputusan Kepala Bskap. 01–021.

Khairatunnisa. (2022). Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. J. Pendidik, 7(2), 94–99.

Kholidah, L. N., Winaryo, I., Inriyani, & Y. (2022). Evaluasi Program Kegiatan P5 Kearifan Lokal Fase D Di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif J. Ilmu Pendidik, 4(6), 7569–7577.

Lukman, L., Mukhlisa, N., Mahmud, & S. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Di Upt Sd Negeri Se-Desa Mangki Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang. Univ. Negeri Makassar, Xx, 2021.

Murtaqiatusholihat. (2023). The Effectiveness of a Curriculum Designed Based on an Authentic Learning Approach in Improving Study Success, Attitudes, and Independent Learning Abilities of Prospective Teachers. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(9), 365–381. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.9.20

Mustika, F., & I. (2022). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio Dan Earning Per Share Ratio Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Teknologi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. J. Ilm. Akunt. Dan Finans. Indones, 5(2), 17–28. https://doi.org/10.31629/Jiafi.V5i2.4288.

Nababan, H. S. T., & S.A. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pokok Pecahan Di Kelas Iii Sd Negeri 200407 Hutapadang. J. Bina Gogik, 3(1), 35–42.

Ng, L. S. (2023). An international curriculum comparison study: the Chinese language curriculum adopted in Malaysian Independent High School and Chinese High School in China. Global Chinese, 9(2), 301–320. https://doi.org/10.1515/glochi-2023-0018

Pengembangan, P. (n.d.). Projek Penguatan.

Porta, T. (2022). Differentiated instruction within senior secondary curriculum frameworks: A small-scale study of teacher views from an independent South Australian school. Curriculum Journal, 33(4), 570–586. https://doi.org/10.1002/curj.157

Prastowo, A. I. (2020). The Independent Learning Curriculum Concept of Imam Zarkasyi’s Perspective in Pesantren for Facing the Era of Society 5.0. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3452144.3452147

Prastowo, A. Y. (2023). Teachers’ Understanding of Developing Independent Curriculum Teaching Modules for Mathematics Teachers in Middle Schools in Tanjungpinang City. BIO Web of Conferences, 79. https://doi.org/10.1051/bioconf/20237910003

Purwanto, E. S., & Towar, P. K. (2015). Strategi Pembelajaran. Doc, 3(April), 1–139.

Rosnelli. (2023). Independent Curriculum Learning Management to Improve Students’ Literacy and Numerical Competence in Schools. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 11(4), 946–963. https://doi.org/10.46328/ijemst.3513

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., Noventari, & W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. J. Ketahanan Nas, 27(2, P. 230). https://doi.org/10.22146/Jkn.67613.

Sajja, R. (2023). Platform-independent and curriculum-oriented intelligent assistant for higher education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20(1). https://doi.org/10.1186/s41239-023-00412-7

Sarkity, D. (2023). Maritime-Related Topics on Natural Science Learning in Independent Curriculum. BIO Web of Conferences, 79. https://doi.org/10.1051/bioconf/20237902003

Sheakley, M. L. (2019). Effectiveness of instructor-guided independent learning in comparison to traditional didactic lecture in the preclinical medical curriculum: A retrospective cohort study. Medical Teacher, 41(7), 795–801. https://doi.org/10.1080/0142159X.2019.1580355

Sholeh, H. Y., & M. (2021). Implementasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Media Penunjang Pembelajaran. J. Inspirasi Manaj. Pendidik, 09(2), 377–388.

Sugiana, A. (2018). Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. J. Pedagog, 05(02), 257–273.

Suyanto, Y. N., & T. (2019). Pembentukan Kedisiplinan Siswa Melalui Program Pendidikan Karakter ‘Dedicate’ Di Sma Muhammadiyah 2 Surabaya. Kaji. Moral Dan Kewarganegaraan, 1504025401, 1301–1315.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Dwi Alfina, I. A., & Hasanah, F. N. (2024). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Proses Pembelajaran Kegiatan P5 Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMK Negeri 2 Buduran. Physical Sciences, Life Science and Engineering, 1(2), 14. https://doi.org/10.47134/pslse.v1i2.195

Issue

Section

Articles