Hubungan Pola Asuh Keluarga dengan Tingkat Penggunaan Smartphone pada Anak Sekolah Usia 10-12 Tahun di SDN Jember Lor 3

Authors

  • Desi Fajriyanti
  • Cahya Tribagus Hidayat Universitas Muhammadiyah Jember
  • Sofia Rhosma Dewi Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/phms.v2i1.72

Keywords:

Pola Asuh Keluarga, Tingkat Penggunaan Smartphone, Anak Usia Sekolah

Abstract

Pengenalan anak terhadap smartphone diawali dari cara pengalihan maupun pola asuh orang tua terhadap anak sekolah dan berharap dapat membantu anak dalam hal proses belajar. Tujuan peneliti untuk mengetahui hungan pola asuh keluarga dengan tingkat penggunaan smartphone pada anak sekolah usia 10-12 tahun. Metode : Desain penelitian ini menggunakan korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi terdii dari 246 anak SD usia 10-12 tahun dengan sampel yang dihitung menggunakan rumus slovin sebanyak 153 rresponden. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dan menggunakan uji statistik Spearman Rank (Rho). Hasil : Penelitian menunjukkan dari 46 orang tua (48,9%) menerapkan pola asuh keluarga demokkratis. Tingkat penggunaan smartphone sebanyak 76 anak sekolah (49,7%) memiliki tingkat penggunaan smartphone sedang.  Dari nilai uji statistik (ρ = 0,042, ρ<α 0,05) yaitu ada hubungan antara pola asuh keluarga dengan tingkat penggunaan smartphone. Nilai koeisien korelasi menunjukkan nilai r = - 0,164 dengan interpretasi koefisien korelasi sangat lemah maka dapat disimpulkan semakin demokratis pola asuh keluarga semakin rendah penggunaan smartphone pada anak sekolah 10-12 di SDN Jember Lor 3. Diskusi : Penggunaan smartphone yang terjadi pada anak sekolah dipengaruhi oleh jenis pola asuh yang didapatkan dari orang tua. Diharapkan orang tua menerapkan pola asuh yang benar dan sesuai agar anak tidak mengalami kecanduan penggunaan smartphone yang berlebihan sehingga meminimalisir dampak negatif dari penggunaan smartphone. Pada penelitian ini diharapkan keluarga menerapkan pola asuh demokratis yang memungkinkan anak tidak mengalami tingkat penggunaan smartphone yang tinggi.

References

Abdel-Aziem, A. A. (2022). Effects of smartphone screen viewing duration and body position on head and neck posture in elementary school children. Journal of Back and Musculoskeletal Rehabilitation, 35(1), 185–193. https://doi.org/10.3233/BMR-200334

Al-Amri, A. (2023). Effects of smartphone addiction on cognitive function and physical activity in middle-school children: a cross-sectional study. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1182749

Asiah, S. N., Pranoto, B. A., Sunarsih, D., & Triputra, D. R. (2022a). Faktor Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik Kelas V. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 465–474. https://doi.org/10.5281/zenodo.7080497

Asiah, S. N., Pranoto, B. A., Sunarsih, D., & Triputra, D. R. (2022b). Faktor Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik Kelas V. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 465–474. https://doi.org/10.5281/zenodo.7080497

Awlaa, S. (2019). Peran Keluarga (Nuclear Family Dan Extended Family) Dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Di Paud Surabaya. Journal Dinamika Pendidikan, 53(9), 1689–1699.

Cheng, Y. C. (2021). The relationship between smartphone addiction, parent-child relationship, loneliness and self-efficacy among senior high school students in taiwan. Sustainability (Switzerland), 13(16). https://doi.org/10.3390/su13169475

Chidi-Egboka, N. C. (2023). Smartphone gaming induces dry eye symptoms and reduces blinking in school-aged children. Eye (Basingstoke), 37(7), 1342–1349. https://doi.org/10.1038/s41433-022-02122-2

Eoh, Y. (2022). Correction to: The Relationship between Children’s School Adaptation, Academic Achievement, Happiness, and Problematic Smartphone Usage: A Multiple Informant Moderated Mediating Model (Applied Research in Quality of Life, (2022), 17, 6, (3579-3593), 10.1007/s11482-022-10080-w). Applied Research in Quality of Life, 17(6), 3595. https://doi.org/10.1007/s11482-022-10086-4

Fadul, F. M. (2019). Dampak penggunaan smartphone terhadap ketahanan belajar siswa kelas v sd negeri jenang 06 majenang.

Gunawan, T., & Muhabbatillah, S. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone Pada Anak Sekolah Dasar. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), 82–95. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i1.1006

Hermawan, A. (2018). Pola Asuh Parental Responsiveness Dan Parental Demandingness Dalam Keluarga. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 3(1), 105–123.

Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. 5(3), 363–372.

Jo, J. (2022). The effect of peer relationship enhancement programs on the prevention of smartphone addiction among late school-age children in South Korea. Journal of Pediatric Nursing, 63. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2021.09.025

Kristen, U., & Wacana, S. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemampuan pengambilan keputusan mahasiswa pria etnis sumba di salatiga. 14(1), 340–352.

Lee, E. (2018). Gender Differences in Smartphone Addiction Behaviors Associated with Parent-Child Bonding, Parent-Child Communication, and Parental Mediation among Korean Elementary School Students. Journal of Addictions Nursing, 29(4), 244–254. https://doi.org/10.1097/JAN.0000000000000254

Ma, Z. (2021). The association between obesity and problematic smartphone use among school-age children and adolescents: a cross-sectional study in Shanghai. BMC Public Health, 21(1). https://doi.org/10.1186/s12889-021-12124-6

Madardam, U. (2022). THE EFFECT OF LAYING DOWN POSTURE WHILE USING SMARTPHONE AMONG SCHOOL CHILDREN IN NAKHON SI THAMMARAT, THAILAND. Roczniki Panstwowego Zakladu Higieny / Annals of the National Institute of Hygiene, 73(2), 221–229. https://doi.org/10.32394/rpzh.2022.0210

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55–64. https://doi.org/10.33373/kop.v5-2.1521

Maurizi, N. (2023). Layman electrocardiographic screening using smartphone-based multiple lead ECG device in school children. International Journal of Cardiology, 373, 142–144. https://doi.org/10.1016/j.ijcard.2022.12.017

Piningit, B. F. A. (2021a). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Psikososial Anak Prasekolah.

Piningit, B. F. A. (2021b). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Psikososial Anak Prasekolah. http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/147/%0Ahttp://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/147/1/17010137

Reichenbach, A., Bringmann, A., Reader, E. E., Pournaras, C. J., Rungger-Brändle, E., Riva, C. E., Hardarson, S. H., Stefansson, E., Yard, W. N., Newman, E. A., & Holmes, D. (2019a). Hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kecanduan gadget pada anak prasekolah. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3), S2–S3.

Reichenbach, A., Bringmann, A., Reader, E. E., Pournaras, C. J., Rungger-Brändle, E., Riva, C. E., Hardarson, S. H., Stefansson, E., Yard, W. N., Newman, E. A., & Holmes, D. (2019b). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT KECANDUAN GADGET PADA ANAK PRASEKOLAH. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3), S2–S3.

Rono, H. K. (2018). Smartphone-based screening for visual impairment in Kenyan school children: a cluster randomised controlled trial. The Lancet Global Health, 6(8). https://doi.org/10.1016/S2214-109X(18)30244-4

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100.

Song, M. K. (2020). The relationships of smartphone usage with spinal curvature and neck or shoulder pain in school children. Exercise Science, 29(4), 394–401. https://doi.org/10.15857/ksep.2020.29.4.394

Tariq, K. (2019). Effects of smartphone usage on psychological wellbeing of school going children in Lahore, Pakistan. Journal of the Pakistan Medical Association, 69(7), 955–958.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Fajriyanti, D. ., Hidayat, C. T., & Dewi, S. R. (2023). Hubungan Pola Asuh Keluarga dengan Tingkat Penggunaan Smartphone pada Anak Sekolah Usia 10-12 Tahun di SDN Jember Lor 3. Health & Medical Sciences, 2(1), 14. https://doi.org/10.47134/phms.v2i1.72

Issue

Section

Articles

Categories