Dampak Harga, Lokasi, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan

Authors

  • Moch. Rizqi Adi Setiyawan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Kumara Adji Kusuma Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/frontiers.v1i1.251

Keywords:

Persepsi Harga, Lokasi, Citra Merek, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi faktor-faktor yang menentukan loyalitas pelanggan dalam konteks bisnis kuliner Mie Gacoan, dengan fokus khusus pada pengaruh persepsi harga, lokasi, dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan di kalangan mahasiswa manajemen Umsida angkatan 2019. Menggunakan metodologi kuantitatif, penelitian ini menggunakan teknik sampel purposif untuk memilih 100 partisipan yang telah membeli dari Mie Gacoan di Sidoarjo. SmartPLS 3 digunakan untuk menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa persepsi harga, lokasi, dan citra merek masing-masing memiliki dampak positif yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menekankan pentingnya bagi Mie Gacoan untuk mempertahankan harga yang menguntungkan, lokasi strategis, dan citra merek yang kuat untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, menyarankan promosi dan inovasi terus-menerus sebagai strategi untuk tetap menjadi pilihan makan yang disukai di kalangan mahasiswa. Penelitian ini mengisi kekosongan pemahaman tentang pengaruh gabungan faktor-faktor ini terhadap loyalitas pelanggan di sektor kuliner regional, menawarkan implikasi bagi praktisi dan akademisi yang tertarik pada dinamika pemasaran dalam konteks serupa

Penelitian ini mengeksplorasi faktor-faktor yang menentukan loyalitas pelanggan dalam konteks bisnis kuliner Mie Gacoan, dengan fokus khusus pada pengaruh persepsi harga, lokasi, dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan di kalangan mahasiswa manajemen Umsida angkatan 2019. Menggunakan metodologi kuantitatif, penelitian ini menggunakan teknik sampel purposif untuk memilih 100 partisipan yang telah membeli dari Mie Gacoan di Sidoarjo. SmartPLS 3 digunakan untuk menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa persepsi harga, lokasi, dan citra merek masing-masing memiliki dampak positif yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menekankan pentingnya bagi Mie Gacoan untuk mempertahankan harga yang menguntungkan, lokasi strategis, dan citra merek yang kuat untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, menyarankan promosi dan inovasi terus-menerus sebagai strategi untuk tetap menjadi pilihan makan yang disukai di kalangan mahasiswa. Penelitian ini mengisi kekosongan pemahaman tentang pengaruh gabungan faktor-faktor ini terhadap loyalitas pelanggan di sektor kuliner regional, menawarkan implikasi bagi praktisi dan akademisi yang tertarik pada dinamika pemasaran dalam konteks serupa

References

A. Bunga Pertiwi, H. Ali, dan Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo, “Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada E-commerce Shopee,” JIM, vol. 1, no. 2, hlm. 537–553, Sep 2022, doi: 10.38035/jim.v1i2.63.

A. Taufik, S. Santoso, M. I. Fahmi, F. Restuanto, dan S. Yamin, “The Role of Service and Product Quality on Customer Loyalty: The Role of Service and Product Quality on Customer Loyalty,” JCS, vol. 7, no. 1, hlm. 68–82, Feb 2022, doi: 10.29244/jcs.7.1.68-82.

Arif Rachman Putra, Muhammad Mas Davit Herman Rudiansyah, Didit Darmawan, Rahayu Mardikaningsih, dan Ella Anastasya Sinambela, “Pengaruh Gaya Hidup, Lingkungan Fisik, dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Lottemart,” optimal, vol. 2, no. 1, hlm. 71–85, Mar 2022, doi: 10.55606/optimal.v2i1.436.

B. Sutedjo dan D. H. R. Saputri, “the influence of brand image, taste, and trust on customer satisfaction and loyalty in roket chicken kaliwungu customers,” . Costing, 2023.

D. M. Ardelia dan A. M. Hidayat, “Pengaruh Harga dan Brand Awareness Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone di Indonesia,” 2023.

F. N. Izzah, A. Munfiah, S. T. Apriliani, V. P. Risdiyanti, dan R. Pratiwi, “Intensitas Kepercayaan Konsumen, Citra Merek Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Customer Chatime Di Mall Ciputra Semarang,” Al-Kalam, vol. 9, no. 1, hlm. 47, Jan 2022, doi: 10.31602/al-kalam.v9i1.5248.

K. P. Queen dan Toton, “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pempek 299 di Lampung Tengah,” vol. 1, 2022.

M. R. Abdillah dan R. Rufial, “Pengaruh Lokasi Usaha, Daya Tarik Pesaing, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada UMKM Mie Ayam Bakso I Love You Di Kabupaten Tangerang,” Ikraith-Ekonomika, vol. 5, no. 3, hlm. 225–235, Nov 2022, doi: 10.37817/ikraith-ekonomika.v5i3.2458.

N. R. Indraswari, dan E. D. Susanti, “Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Kualitas terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasa Pelanggan pada Burger King Selama Pandemi Covid-19: Studi Pada Burger King di Sidoarjo,” reslaj, vol. 5, no. 3, hlm. 650–666, Sep 2022, doi: 10.47467/reslaj.v5i3.1728.

P. A. Rizki dan B. Prabowo, “Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Indomie Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Terhadap Loyalitas Pelanggan,” ajeks, vol. 4, no. 5, hlm. 1543–1553, Jul 2022, doi: 10.47467/alkharaj.v4i5.1023.

P. Wantara dan M. Tambrin, “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Pada Batik Madura,” 2019.

R. A. Mulyono dan L. H. Pasaribu, “Pengaruh Kualitas Layanan Seluler dan Citra Merek terhadap Pelanggan Loyalitas,” Jurnal Manajemen, vol. 12, 2021.

R. Hartono dan T. Purba, “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Sugar Café Batam,” jesya, vol. 5, no. 2, hlm. 1139–1147, Jun 2022, doi: 10.36778/jesya.v5i2.662.

R. Kurniawan dan M. A. Auva, “Analisis Pengaruh Kepuasan, Kualitas layanan, Dan Nilai Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Restoran Seafood Di Kota Batam,” jesya, vol. 5, no. 2, hlm. 1479–1489, Jun 2022, doi: 10.36778/jesya.v5i2.711.

S. Maimunah, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen,” IEJ, vol. 1, no. 2, Jan 2020, doi: 10.51804/iej.v1i2.542.

S. W. R. S. Mardyanningsih, R. N. Ayuanti, dan Moh. S. Udin, “Pengaruh Persepsi Harga, Cita Rasa, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Di Kober Mie Setan Kediri,” 2022.

T. Hakunta dan A. E. Sujianto, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami, Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Di Warung Kopi Tequila Tulungagung,” Jurnal Ilmiah Hospitality, vol. 11, hlm. 787–802, Desember 2022.

Wasiman, F. Silitonga, dan A. Edy Wibowo, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Bintang Dua Di Kota Batam,” JC, vol. 1, no. 2, hlm. 64–73, Jul 2020, doi: 10.51742/akuntansi.v1i2.162.

Zamiah Hasibuan, S. Sarkum, dan M. Rafika, “Analysis of Product Quality, Locations and Services of Culinary SMEs In Restaurants Toward Customer Loyalty: A Study of Customer Satisfaction In Pandemic Times,” Quant. Econ. Manag. Stud., vol. 3, no. 3, hlm. 363–372, Jun 2022, doi: 10.35877/454RI.qems947.

Downloads

Published

2024-07-14

How to Cite

Adi Setiyawan, M. R., & Kusuma , K. A. (2024). Dampak Harga, Lokasi, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan. Frontiers in Research Journal, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.47134/frontiers.v1i1.251

Issue

Section

Articles