Persepsi Siswa SMA Negeri 22 Palembang Terhadap Kekerasan Verbal Dalam Film Jakarta Vs Everybody

Authors

  • Muhammad Muhaimin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nuraida Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Manalullaili Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.47134/pssh.v2i4.371

Keywords:

Film Jakarta vs Everybody, Persepsi Siswa, Kekerasan Verbal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi siswa SMA Negeri 22 Palembang terhadap ungkapan kekerasan verbal yang terdapat dalam film Jakarta vs Everybody. Pada dasarnya adegan kekerasan yang ditayangkan dalam film memiliki dampak yang dihasilkan dari isi film tersebut kepada penontonya, terutama pada remaja dapat menimbulkan keinginan untuk meniru adegan didalam film. Hal ini munculnya kecemasan mempengaruhi negatif yang besar karena karakteristik penonton yang dimiliki remaja. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana persepsi siswa SMA Negeri 22 Palembang terhadap kekerasan verbal dalam film Jakarta vs Everybody. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar siswa menyadari ungkapan kasar dalam film tersebut mencerminkan kondisi sosial. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai pengaruh media khususnya film, terhadap pembentukan persepsi siswa terhadap kekerasan verbal serta dampaknya terhadap nilai-niai sosial yang ada di masyarakat.

References

Angel, dkk. (2021). “Tindakan Pidana Peredaran Film Tanpa Lulus Sensor Menurut Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2009 Tentang Perfilman.” Jurnal Lex Administratum, Vol. 9, No. 2.

Ahlan, dkk. (2023). “Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Kreativitas Mahasiswa, Vol. 1, No. 2.

Albetro. (2021). “Peran Sutradara Dalam Pembuatan Film Pendek Berjudul Unknown.” Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 7, No. 1.

Alif Muarifah, dkk. (2020). “Identifikasi Bentuk dan Dampak Kekerasan Anak Usia Dini di Kota Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4, No. 2.

Amin Aminudin. (2022). “Persepsi Masyarakat DKI Jakarta Tentang Pemberitaan Penanganan Wabah Covid-19 di Wilayah DKI Jakarta.” Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, Vol. 9, No. 2.

Arif, dkk. (2019). “Perbedaan Persepsi dan Harapan Wisatawan Lokal dengan Wisatawan Asing Terhadap Kualitas Layanan di Candi Borobudur.” Jurnal Media Wisata, Vol. 17, No. 2.

Azzahra, dkk. (2024). “Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Asing.” Journal of Education and Technology, Vol. 4, No. 1.

Choiron, Dyah. (2022). “Analisis Semiotika Konsep Kekerasan Dalam Film The Raid 2: Berandal.” Journal of Discourse and Media Research, Vol. 1, No. 1.

Dahlan, dkk. (2021). “Penyebab Terjadinya Kekerasan Terhadap Anak (Studi Kasus di Kabupaten Sumbawa).” Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 9, No. 2.

Dena, dkk. (2021). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Komisi Penilaian dalam Studi Kasus Provinsi Sulawesi Utara.” Jurnal Ecotrophic, Vol. 15, No. 1.

Dimas. (2023). “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Fitur Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access pada Mahasiswa Rantau di Semarang.” Jurnal Institut Sunan Doe, Vol. 1, No. 7.

Dina Dianti. (2021). “Persepsi Masyarakat pada Program Studi Ilmu Komunikasi.” Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi, Vol. 2, No. 2.

Edo, dkk. (2020). “Kekerasan Verbal (Verbal Abuse) dan Pendidikan Karakter.” Jurnal Elementaria Edukasia, Vol. 3, No. 2.

Elvaretta & Ahmad. (2021). “Perancangan Film Pendek yang Berjudul Ask Myself.” Journal of Film and Television Studies, Vol. 4, No. 2.

Emilsyah Nur. (2021). “Peran Media Massa dalam Menghadapi Serbuan Media Online.” Jurnal Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, Vol. 2, No. 1.

Fetrimen. (2023). “Persepsi Pendidikan Tentang Fungsi Pendidikan Pada Tayangan Film Televisi Selama Masa Pandemi Covid-19 di DKI Jakarta.” Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, Vol. 9, No. 1.

Firman, dkk. (2023). “Analisis Penyuntingan Aspek Kebahasaan dalam Karya Ilmiah.” Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 8, No. 1.

Fitri, Nanda. (2018). “Persepsi Mahasiswa terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura.” Jurnal Kompetensi, Vol. 12, No. 2.

Greyeti, dkk. (2017). “Persepsi Mahasiswa Pada Film ‘Senakala di Manado’ (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fispol Unsrat).” e-Journal Acta Diurna, Vol. 6, No. 1.

Hansen, dkk. (2018). “Analisis Isi Kekerasan dalam Tiga Film Remaja Terlaris di Tahun 2017.” Jurnal E-Komunikasi, Vol. 6, No. 2.

Haris Ronal. (2021). “Produksi Film Dokumenter.” Skripsi, Universitas Kristen Wacana Salatiga.

Harsono, dkk. (2018). “Analisis Efektivitas Montage Sequence untuk Menunjukkan Pemadatan Waktu pada Film ‘Hot Fuzz’.” Journal of Film and Television Studies, Vol. 1, No. 1.

Khairunnisa, Sholikhah. (2024). “Seniman dan Dualisme Hasil Karya Seni Rupa Indonesia Masa Pendudukan Jepang (1942-1945).” Journal Seni Rupa dan Desain, Vol. 27, No. 2.

Kukuh, dkk. (2023). “Manajemen Post Production Editing pada Film Malam.” Jurnal Audiens, Vol. 4, No. 2.

Lenny, Hermiati. (2021). “Peran Media Film Dalam Pembelajaran Sebagai Pembentukan Pendidikan Karakter.” Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Vol. 15, No. 16.

Lusiana, dkk. (2018). “Penerapan Media Film Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Informasi Siswa dalam Pembelajaran Sejarah.” Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, Vol. 7, No. 1.

Marinu Waruwu. (2023). “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif, dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 7, No. 1.

Naufian, Wayan Weda. (2018). “Teori dan Praktik: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu.” Jurnal Malang UB Press, Vol. 4, No. 1.

Nurdewi. (2022). “Implementasi Personal Branding Smart ASN Perwujudan Bangga Melayu di Provinsi Maluku Utara.” Jurnal Riset Ilmiah, Vol. 1, No. 2.

Nurhidayatika, Ida Waluyati. (2021). “Dampak Kekerasan Verbal dalam Ruang Lingkup Sosial (Studi Kasus Keluarga Petani dan Pegawai Negeri Sipil).” Jurnal Pendidikan Sosiologi, Vol. 4, No. 2.

Nuriv, dkk. (2021). “Peran Penulisan Skenario Dalam Pembuatan Film Pendek Fiksi UNKNOWN.” Jurnal Komunikasi, Vol. 7, No. 1.

Phetorant. (2020). “Peran Musik dalam Film Score.” Journal of Music Science, Technology, and Industry, Vol. 3, No. 1.

Putri, Suhermin. (2022). “Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), Vol. 11, No. 4.

Rahman Asri. (2020). “Membaca Film Sebagai Teks: Analisis Isi Film ‘Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)’.” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, Vol. 1, No. 2.

Rahmati, dkk. (2022). “Pengaruh Kekerasan Verbal Orang Tua Terhadap Konsep Diri Remaja.” Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, Vol. 11, No. 2.

Ridhani Abda. (2024). “Film ‘Penyalin Cahaya (Photocopier)’ Karya Wregas Bhanuteja.” Journal of Scientific Communication, Vol. 6, No. 1.

Riza, dkk. (2023). “Penerapan Teknik Handheld Camera pada Pembuatan Film Eksperimental ‘Hidden Dandelion’.” Journal Calaccitra, Vol. 3, No. 2.

Rizki. (2020). “Analisis Semiotika Kekerasan dalam Film ‘Dilan 1990’.” Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, Vol. 2, No. 2.

Ruhly, dkk. (2021). “Konstitusionalisme Perlindungan Anak Terhadap Film di Layanan Streaming.” Jurnal University of Bengkulu Law, Vol. 6, No. 2.

Shadrina, dkk. (2023). “Manajemen Produksi Film Pendek ‘Keliling’: Dari Pra-Produksi, Produksi, dan Pasca-Produksi.” Journal Audiens, Vol. 4, No. 2.

Siti, dkk. (2024). “Teori Tentang Persepsi dan Teori Atribusi Kelley.” Jurnal Cidea, Vol. 3, No. 1.

Sugiyono. (2017). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.” Jurnal Bandung Alfabeta, Vol. 11, No. 4.

Telussa Sandra. (2022). “Dampak Tayangan Televisi (Film Kartun) Terhadap Perilaku Anak di Desa Rumah Tiga Kecamatan Teluk Ambon.” Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, Vol. 16, No. 1.

Tsalits, dkk. (2023). “Dampak Media Elektronik Terhadap Kehidupan Anak dan Remaja.” Jurnal Media Akademik (JMA), Vol. 1, No. 1.

Vaesol, dkk. (2018). “Urgensi Peserta Didik dalam Menilai Kompetensi Dosen.” Jurnal Ilmiah Ilmu dan Keagamaan, Vol. 7, No. 1.

Zuchri Abdussamad. (2021). “Metode Penelitian Kualitatif.” Jurnal CV Syakir Media Press, Vol. 6, No. 1.

Downloads

Published

2025-02-27

How to Cite

Muhammad Muhaimin, Nuraida, & Manalullaili. (2025). Persepsi Siswa SMA Negeri 22 Palembang Terhadap Kekerasan Verbal Dalam Film Jakarta Vs Everybody. Pubmedia Social Sciences and Humanities, 2(4), 16. https://doi.org/10.47134/pssh.v2i4.371

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.