Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Indonesia: Peran Live Streaming, Pemasaran Viral, dan Dukungan Selebriti
DOI:
https://doi.org/10.47134/frontiers.v1i1.252Keywords:
Live streaming, Viral Marketing, Celebrity Endorser, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini menyelidiki pengaruh live streaming, pemasaran viral, dan dukungan selebriti terhadap keputusan pembelian di Indonesia dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Menggunakan sampel purposif, data dikumpulkan dari 100 responden melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan perangkat lunak Smart PLS versi 4.0. Temuan menunjukkan dampak signifikan dari ketiga variabel terhadap keputusan konsumen untuk membeli: live streaming secara efektif meningkatkan niat pembelian ketika streamer menjelaskan produk dengan mahir; pemasaran viral meningkatkan pembelian dengan memperluas jangkauan dan dampak pesan iklan; dan dukungan selebriti meningkatkan minat beli ketika selebriti secara efektif menyampaikan pesan promosi. Hasil ini menekankan peran penting strategi pemasaran ini dalam membentuk perilaku konsumen dan menyarankan penggunaannya secara strategis untuk mengoptimalkan hasil pemasaran.
References
A. N. Sa’adah, A. Rosma, and D. Aulia, “Persepsi Generasi Z Terhadap Fitur Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok,” Transekonomika Akuntansi, Bisnis dan Keuang., vol. 2, no. 5, pp. 131–140, 2022, doi: 10.55047/transekonomika.v2i5.176.
A. Syahza and U. Riau, Buku Metodologi Penelitian , Edisi Revisi Tahun 2021, no. September. 2021.
A. A. Fauzi and Y. P Sijabat, “Pengaruh Harga Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen TikTok Shop di Kota Magelang,” J. Ilm. Manaj. Bisnis dan Ekon. Kreat., vol. 2, no. 1, pp. 51–62, 2023, doi: 10.26877/jibeka.v2i1.96.
A. M. Kaplan and M. Haenlein, “Two hearts in three-quarter time: How to waltz the social media/viral marketing dance,” Bus. Horiz., vol. 54, no. 3, pp. 253–263, 2011, doi: 10.1016/j.bushor.2011.01.006.
A. Wongkitrungrueng and N. Assarut, “The role of live streaming in building consumer trust and engagement with social commerce sellers,” J. Bus. Res., vol. 117, pp. 543–556, Sep. 2020, doi: 10.1016/j.jbusres.2018.08.032.
Azuar Juliandi, “Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) Menggunakan SmartPLs,” Jangan Belajar, vol. 1, no. was, p. 1, 2018.
C. A. Z. Pratama, R. S. Dewi, and A. Wijayanto, “Pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Wardah melalui Brand Awareness sebagai Variabel Intervening (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang),” J. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 11, no. 1, pp. 59–69, 2022, doi: 10.14710/jiab.2022.33406.
C. Kurniastuti, L. Septiani, and I. Yuliyzar, “Pengaruh Online Customer Review , Live Streaming , Dan Content Creator Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Tiktok Shop,” vol. 13, no. November, 2022.
C. Chen, Y. Hu, Y. Lu, and Y. Hong, “Everyone can be a star: Quantifying grassroots online sellers’ live streaming effects on product sales,” in Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 2019, vol. 2019-Janua, pp. 4493–4498. doi: 10.24251/hicss.2019.544.
C. Song and Y.-L. Liu, “The effect of live-streaming shopping on the consumer’s perceived risk and purchase intention in China,” 23rd Bienn. Conf. Int. Telecommun. Soc., pp. 1–18, 2021, [Online]. Available: http://hdl.handle.net/10419/238054
D. sugiyono Prof., “prof. dr. sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. intro ( PDFDrive ).pdf,” Bandung Alf. p. 44, 2019.
D. Kusumo and R. Afandi, “Table Of Content Article information ............................................ Rechtsidee,” vol. 7, pp. 1–15, 2020.
F. Yudha and P. K. Anindita, “Pengaruh Celebrity Endorser , Viral Marketing dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Abstrak,” J. Bisnis dan Manaj., vol. 5, no. c, pp. 307–318, 2022.
G. G. Saputra and Fadhilah, “Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian,” Ekon. Keuangan, Investasi dan Syariah, vol. 4, no. 2, pp. 442–452, 2022, doi: 10.47065/ekuitas.v4i2.2353.
G. (2019). Chakti, “The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.,” vol. 1, p. 163, 2019, Accessed: Feb. 06, 2023. [Online]. Available:
G. G. Saputra and F. Fadhilah, “The Influence of Live Streaming Shopping on Purchase Decisions through Customer Engagement on Instagram Social Media,” Budapest Int. Res. Critics Inst. Humanit., vol. 5, no. 2, pp. 12126–12137, 2020, Accessed: Feb. 05, 2023. [Online]. Available: https://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/5049/pdf
G. Kotler, P., & Amstrong, Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principles of Marketing (12th ed.). Erlangga.
I. Kholiq and D. K. Sari, “The Influence of Viral Marketing, Celebrity Endorser, and Brand Awareness on Purchase Decisions on Make Over Cosmetic Products in Sidoarjo,” Acad. Open, vol. 4, pp. 1–14, 2021, doi: 10.21070/acopen.4.2021.2604.
J. N. R. Ayu, “Efektifitas Viral Marketing Dalam Meningkatkan Niat Dan Keputusan Pembelian Konsumen Di Era Digital,” J. Manaj. dan Inov., vol. 2, no. 1, 2020, doi: 10.15642/manova.v2i1.353.
J. Tanuwijaya and R. Mulyandi, “Pengaruh Viral Marketing dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc,” J. Sos. Sains, vol. 1, no. 5, pp. 368–373, 2021, doi: 10.36418/sosains.v1i5.81.
Muhani and H. S. Sabillah, “Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Word Of Mouth, Kualitas Website, dan Persepsi Harga Terhadap Keputuasan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia,” J. Ilm. Akunt. Dan Keuang. FAIR VALUE, vol. 04, no. 03, pp. 1114–1127, 2022.
K. Kelvin and P. dan K. L. K. Kotler, “Marketing Management. (15th global edition),” pearson, vol. 18, no. 2, p. 832p, 2016, Accessed: Jun. 06, 2023. [Online]. Available: //opaclib.inaba.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1781&keywords=
K. Ikawati, T. Militina, and G. N. Achmad, “The Effect of Celebrity Endorsers and Advertising Attractiveness on Brand Image and Purchase Decisions for Tokopedia Application Users in Samarinda,” Int. J. Econ. Bus. Account. Res., vol. 5, no. 2, pp. 461–471, 2021, [Online]. Available: http://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR/article/view/2625
Mustopa Nurul Annisa and Ekawaty Novian, “Pengaruh Celebrity Endorser Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pantene Miracles Hair Supplement Conditioner (Studi Kasus Pada Followers Instagram @Panteneid),” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 8, no. 24, pp. 423–429, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.5281/zenodo.7494563
M. Tjondrokoesoemo, “Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian,” PERFORMA J. Manaj. dan Start-Up Bisnis, vol. 2, no. 3, pp. 287–295, 2017, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/14429
M. M. Isfahami, R. Hurriyati, and P. D. Dirgantari, “Pengaruh Brand Trust dan Celebrity Endorse terhadap Keputusan Pembelian Konsumen,” J. Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 17, no. 2, pp. 177–186, 2021, doi: 10.31940/jbk.v17i2.2571.
M. S. Besse Faradiba, “Pengaruh Live Streaming Video Promotion Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Buying Purchasing,” vol. 4, no. April, pp. 1–9, 2021.
M. Nggilu, A. L. Tumbel, and W. Djemly, “The Influence Of Viral Marketing, Celebrity Endorser, And Brand Awareness Towards Purchase Decisions In Geprek Bensu Manado,” J. EMBA, vol. 7, no. 3, pp. 2691–2700, 2019.
M. A. Algiffary, Z. Wahab, M. S. Shihab, and M. Widiyanti, “Pengaruh Celebrity Endorser, Online Advertising dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Tokopedia,” AMAR (Andalas Manag. Rev., vol. 4, no. 2, pp. 16–31, 2020, doi: 10.25077/amar.4.2.16-31.2020.
P. dan K. L. K. Kotler, Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2022), Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid I, Penerbit Erlangga, page. 346 - Penelusuran Google. 2022. Accessed: Feb. 06, 2023. [Online]. Available: https://www.google.com/search?q=Kotler%2C+Philip+dan+Kevin+Lane+Keller.+(2022)%2C+Manajemen+Pemasaran+Edisi+Ketiga+Belas+Jilid+I%2C+Penerbit+Erlangga%2C+page.+346&sourceid=chrome&ie=UTF-8
Populix, “Research Gap: Pengertian, Jenis, dan Cara Menemukannya,” Info.Populix.Co, 2022, Accessed: Feb. 14, 2023. [Online]. Available: https://info.populix.co/articles/research-gap-adalah/
Raihan, “Metodologi penelitian,” Univ. Islam Jakarta, pp. 1–186, 2017.
S. lemesho. Ps levy, sampling of populations : method and applications. 2013.
S. R. I. Lestari, “Pengaruh Live Streaming, Brand Awareness, Desain Web Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee …,” Neliti.Com, 2021, [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/497462/pengaruh-live-streaming-brand-awareness-desain-web-dan-brand-image-terhadap-kepu
S. N. Manajemen et al., “Pembelian Produk Scarlett Whitening Dalam Aplikasi Tiktok Shop,” Semin. Nas. Manajemen, Ekon. dan Akuntasi Fak. Ekon. dan Bisnis UNP Kediri PENGARUH, vol. 6, no. 1, pp. 529–538, 2022.
S. Rahmayanti and R. Dermawan, “SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya,” SEIKO J. Manag. Bus., vol. 6, no. 1, pp. 337–344, 2023, doi: 10.37531/sejaman.v6i1.2451.
S. M. Inggasari and R. Hartati, “Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening,” vol. 3, no. 1, pp. 1–22, 2022.
T. T. Kuhu, A. L. Tumbel, and R. S. Wenas, “Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Di Sang Pisang Manado,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 7, no. 3, pp. 2801–2810, 2019.
V. Velia and D. A. Candraningrum, “Pengaruh Viral Marketing Video Promosi Instagram terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bakso Goreng iONG,” Prologia, vol. 3, no. 2, p. 358, 2019, doi: 10.24912/pr.v3i2.6358. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=OQzBDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=book+viral+marketing&ots=wd6cLd1Wlk&sig=HzFOYAXMrSjJJyeuYy1r0tKLQ8c